Home / DUSUN LAMAN / Bupati Cik Ujang Nikmati Tradisi Leluhur “Bekarang” Ikan di Desa Gunung Kembang

Bupati Cik Ujang Nikmati Tradisi Leluhur “Bekarang” Ikan di Desa Gunung Kembang

Author : April

KIKIM TIMUR, LhL – Bupati Lahat, H Cik ujang, SH bersama bersama Forkopimda serta seluruh Camat se-Kikim Area, Kepala Desa se-Kecamatan KikimTimur, tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat Desa Gunung Kembang, melakukan bekarang bersama, Rabu (27/8/2023).

Dalam kesempatan itu, H. Cik Ujang bersama warga langsung turun ke Sungai Kikim untuk menangkap ikan dengan jala dan tombak di Lubuk Larangan Karya Bersama Desa Gunung Kembang. Dengan raut wajah gembira, bersemangat Cik Ujang menikmati suasana bekarang ini.

Baca Juga  Proyek Mangkrak, Warga Resahkan Nyamuk DBD

H Cik Ujang menuturkan, tradisi Bekarang Besame ini merupakan salah satu tradisi yang sudah ada secara turun temurun dilaksanakan di Desa Gunung Kembang, Kecamatan Kikim Timur. Menurutnya, kegiatan ini adalah merupakan salah satu wujud kebersamaan masyarakat Gunung Kembang dalam menjaga tali silaturahmi dan melestarikan budaya dari leluhur dalam Tradisi Bekarang Besame.

“Di samping itu, Tradisi Bekarang Besame ini juga merupakan perwujudan dari sinergritas antara pengurus Lubuk Larangan Karya Bersama dan masyarakat gunung kembang dengan pemerintah Kabupaten Lahat ,” jelas Bupati Lahat, saat dibincangi setelah melakukan pencarian ikan di sungai.

Baca Juga  TIM PUTRI FUTSAL LAHAT LIBAS TIM OGAN ILIR DENGAN SKOR TELAK

Sementara itu kepala Desa Gunung Kembang, Farsa mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan rasa kekeluargaan, juga untuk menjaga kelestarian lingkungan dan ekosistem alam.

“Ini merupakan salah satu tradisi dari nenek moyang leluhur kita dalam meningkatkan rasa tali silaturahmi di antara kita. Sekalian itu, kegiatan ini juga memberikan edukasi kepada generasi kita untuk menjaga dan melestarikan ekosistem alam kita,” pungkasnya.

Editor : RON

Check Also

Survey Masyarakat, SP 6 Palmbaja Kelurahan Sari Bungamas 75% Dukungan Untuk Yulius Maulana

Author : Ujang LAHAT, LhL – Kehadiran Calon Bupati Lahat Yulius Maulana ST di kediaman …

SMM Panel

APK

Jasa SEO