Home / KESEHATAN / Hindari Udara Tak Sehat, Dinkes Muba Imbau Warga Gunakan Masker

Hindari Udara Tak Sehat, Dinkes Muba Imbau Warga Gunakan Masker

Editor : RON

MUBA, LhL – Kualitas udara di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang menurun dan dalam kategori sedang, lebih rendah dibandingkan beberapa waktu lalu. Oleh karena itu Pemkab Muba terus menggalakkan masyarakat untuk tidak membakar sampah di pekarangan rumah maupun membakar guna membuka lahan dan kebun. Kali ini Dinas Kesehatan juga mengimbau seluruh warga untuk menggunakan masker. dengan bagi-bagi masker gratis kepada masyarakat yang sedang beraktivitas diluar.(24/9/2023)

“Hari ini Dinas Kesehatan membagikan masker kepada masyarakat di ruang-ruang publik, disamping memberikan imbauan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Muba tidak melakukan aktivitas membakar sampah di pekarangan rumah dan membakar untuk membuka lahan perkebunan baru kami juga mengajak untuk menggunakan masker, mengingat adanya kebakaran yang akhir-akhir ini terjadi dapat membuat udara di Kabupaten Muba terindikasi kurang baik,”ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muba dr Azmi Dariusmansyah MARS,

Baca Juga  Kejari Pagaralam Sidik Dugaan Kasus Mafia Tanah : ATR/BPN Bungkam, Libatkan Orang Besar..?

Untuk menjaga kesehatan masyarakat Azmi juga menganjurkan selain menggunakan masker jika keluar rumah, banyak minum air putih hangat, Makan buah dan sayur serta segera ke fasilitas kesehatan terdekat jika mengalami gangguan pernapasan.

Sementara Kepada DLH Muba Ir Zulfakar menjelaskan bahwa berdasarkan hasil pengukuran Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) Dinas Lingkungan Hidup Musi Banyuasin, tingkat polusi udara Kota Sekayu bergerak masih sedang dengan nilai indek 58 namun sebagai antisipasi untuk menggunakan masker saat aktivitas diluar.

Baca Juga  Berdayakan Masyarakat, PTBA Ubah Lahan Bekas Tambang Jadi Tambak Ikan

“Hasil penilaian ISPU ini keluar setelah dilakukan pengukuran contoh/sampling pada Minggu hingga Senin (17-18/09/2023) lalu di kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Muba. Kedua pengukuran sampling tersebut dilakukan masing-masing pada pukul 09.00 WIB di lokasi sama”, paparannya.

Pj Bupati Muba H Apriyadi juga mengatakan bagi masyarakat yang mengalami keluhan kesehatan untuk segera berkonsultasi ke fasilitas layanan kesehatan terdekat. Selain itu, masyarakat juga diminta lebih menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggalnya masing-masing.

“Untuk menghindari terpaparnya penyakit akibat udara yang tidak baik di musim kemarau ini, maka diimbau kepada seluruh warga gunakan masker saat di luar ruangan, demi menjaga kesehatan kita semua,”ucapnya. (Riki)

Check Also

Pemkab Muba Ikuti FGD Sosialisasi Evaluasi SPBE 2024

# Optimalkan Integrasi dan Sinergitas Aplikasi Yang Telah Ada Efektif Efisien Editor : RON MUBA, …

SMM Panel

APK

Jasa SEO