Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kikim Selatan / Menyokong Program Ketahanan Pangan Nasional Pemdes Jagabaya Membangun JUT
Foto April : Tampak Para Pekerja Sedang Mengakut Material Untuk Membangun JUT Sepanjang 179 Meter

Menyokong Program Ketahanan Pangan Nasional Pemdes Jagabaya Membangun JUT

Author : April

KIKIM SELATAN, LhL – Guna menopang sekaligus menyokong program ketahanan pangan nasional, maka, Pemerintah Desa (Pemdes) Jagabaya, Kecamatan Kikim Selatan, Kabupaten Lahat membangun jalan usaha tani (JUT) sepanjang 179 meter, dengan lebar 1,5 meter menuju ke areal persawahan milik petani.

“Untuk ketahanan pangan, kita gantikan dengan pembangunan infrastruktur yakni JUT, sebagai penyokong petani membawa hasil padi maupun buah-buahan untuk dijual,” jelas Kepala Desa (Kades) Jagabaya, Bambang Heriadi ST, Senin (24/10/2022).

Bambang Heriadi menyebutkan, infrastruktur JUT ini sudah melalui musyawarah desa (Musdes) Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun anggaran 2021. Dimana, material seperti batu, pasir dan lainnya telah siap.

Baca Juga  Pemkab Lahat Gelar Rakor Persiapan Porprov Tahun 2022

“Alhamdulillah, melalui Musdes semuanya menyetujui untuk ketahanan pangan, digantikan dengan pembangunan fisik JUT, sehingga mempermudah petani dan masyarakat beraktifitas,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, JUT itu tidak hanya menuju ke areal persawahan saja, melainkan banyak perkebunan kopi, karet, duku dan durian yang melalui satu-satunya akses jalan itu.

“Betul, banyak warga yang bertani dan berkebun, yang melalui jalan tersebut, untuk itulah, untuk menopang perekonomian dan ketahanan pangan makanya kita bangun,” tegas Bambang Heriadi.

Baca Juga  Kapolres Lahat Adakan Halal Bihalal dengan Personel Polres Lahat

Sementara itu, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Jagabaya, Leni Marlina menuturkan, bahwasanya untuk pembangunan JUT sepanjang 179 meter, telah disepakati dalam rapat Musdes RKPDes.

“Hal ini, hasil persetujuan dalam musyawarah dan dampaknya banyak sekali, membantu petani untuk hasil panen dan desa pun bisa berkembang lebih baik lagi,” tukasnya.

Editor : Ron

Check Also

Pemdes Kapitan Titik Nol Jalan Usaha Tani Tahun 2024

Author : Toni Ramadhani SUKAMERINDU, LhL – Pemerintah Desa (Pemdes) Kapitan Kecamatan Sukamerindu Kabupaten Lahat …

SMM Panel

APK

Jasa SEO