Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / Asesmen Nasional Tingkatkan Kualitas Mutu Pendidikan Jenjang SMP di Kabupaten Lahat 

Asesmen Nasional Tingkatkan Kualitas Mutu Pendidikan Jenjang SMP di Kabupaten Lahat 

Author : Prima

LAHAT, LhL – Asesmen Nasioanl yang dilaksanakan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan,  Ristek dan Tekhnologi melalui Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan menyelenggarakan Asesmen Nasional Tahun 2021 pada jenjang Sekolah Menengah Pertama se Kabupaten Lahat yang dilaksanakan pada 4 hingga 7 Oktober tahun 2021.

Diketahui bahwa Asesmen Nasional ini adalah program penilaian terhadap mutu setiap satuan pendidikan, madrasah dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Lahat Drs.H. Suhirdin, MM melalui Kasi Kurikulum SMP Jasjuli,S.Pd menyampaikan bahwa Asesmen Nasional ini perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan dirancang untuk menghasilkan informasi akurat guna memperbaiki kualitas kegiatan belajar mengajar (KBM) yang nantinya akan meningkatkan hasil belajar siswa.

Baca Juga  Bupati Lahat Tahlilan Malam Pertama Kepulangan Almarhumah Ibunda Wabup

“Pada tahun ini, ada 75 SMP yang diasesmen,  sedangkan siswa yang menjadi peserta diambil atau ditarik dari dapodik dengan cara diacak yakni sebanyak 2831 siswa,” jelasnya.

Untuk pendamping Asesmen Nasional ini, jasjuli menyampaikan bahwa pendamping dari kegiatan atau penyelenggaraan Asesmen Nasional yang dilaksanakan oleh Kementrian ini ialah tim dari Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi, LPMP Sumsel dan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Lahat sendiri.

Disampaikannya juga, proses asesmen ini berjalan dengan lancar, namun kendala dilapangan masih ada beberapa sekolah yang mendapat gangguan pada kegiatan Asesmen Nasional dikarenakan gejala alam, sehingga agak menghambat proses disekolah.

Baca Juga  DISPORA LAHAT SOSIALISASIKAN BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA

“Pada pelaksanaan Asesmen Nasional ini, ada dua moda pelaksanaan yang dilakukan yakni Moda Pelaksanaan secara Semi Online dan Moda Pelaksanaan secara Online,” tambahnya.

Jasjuli menyampaikan moda pelaksanaan Asesmen Nasional secara Online sering mengalami gangguan dikarenakan jaringan yang susah dijangkau.

“Namun semua itu tidak menjadikan penghalang sekolah tersebut untuk melaksanakan Asesmen Nasional (AN) 2021 jenjang SMP, semoga Sekolah di Kabupaten Lahat ini semakin Bercahaya,” pungkasnya.

Editor : Ron

Check Also

Usai Deklarasikan Dukungannya, Emak-emak Merapi “Serbu” Kediaman Yulius Maulana

Author : Ujang LAHAT, LhL – Mengejutkan. Setelah dua hari lalu mendeklarasikan dukungannya untuk menjadikan …

SMM Panel

APK

Jasa SEO