Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Agung / Jadilah Pemuda Yang Mengedukasi Masyarakat Melalui Tulisan Warga

Jadilah Pemuda Yang Mengedukasi Masyarakat Melalui Tulisan Warga

Author : Ivi Hamzah

KOTA AGUNG, LhL – Untuk meningkatkan mutu dalam menyampaikan informasi masyarakat melalui Jurnalis Pena tani, Sakawarga dan Pena Bulu foundation melaksanakan Traning Of Trainer (TOT) di gedung serbaguna Desa Kota Agung, Selasa (8-6-2021).

Pelaksanaan TOT ini dihadiri oleh duta literasi dari beberapa desa yang ada di Kecamatan Mulak Ulu dan Kecamatan Kota Agung Kabupaten Lahat Sumatera Selatan. Turut hadir dalam TOT ini Camat Kota Agung Marsi SE, MM, yang diwakili Mujiono (Kasipem) kantor camat kota agung, Ketua forum kades Kota Agung Arsito Hasan, pendamping duta literasi Khotaman, Afif dan narasumber perwakilan dari sakawarga Alfan dan Aisyah.

Pentingnya dilaksanakan TOT jurnalis warga untuk mengedukasi duta literasi dalam #EkspedisiMenulis #KabupatenLahat, dalam menyampaikan informasi yang ada dilingkungan sekitarnya. Seperti cara menulis berita potensi wisata, kejadian, keluhan petani, mengubah pola cara bercocok tanam dan sebagainya yang baik dan benar.

Baca Juga   Pantau Harga dan Kesediaan Bahan Pokok, Cik Ujang Himbau Pedagang Taati Prokes

Seperti yang disampaikan Alfan perwakilan dari Sakawarga dalam memberikan Training of Trainer pada duta literasi di gedung serbaguna Kota Agung. Dikatakan Alfan, bahwa tujuan dari jurnalis warga adalah agar warga dapat menyampaikan segala sesuatu melalui bentuk tulisan, foto, video yang akan dimuat dalam aplikasi Penatani.id

“Jadilah pemuda yang dapat mengedukasi masyarakat dalam menyampaikan informasi dilingkungan sekitarnya melalui jurnalis warga,” ucapnya sebagai narasumber dalam TOT ini.

Hal senada juga disampaikan Aisyah perwakilan dari Sakawarga dalam menjelaskan aplikasi Penatani.id. Aisyah menjelaskan, bahwa aplikasi Penatani.id dapat memberikan informasi petani ke masyarakat baik Postingan, Promosi dan lainnya.

Baca Juga   Bupati Lahat Hadiri Peringatan Harlah NU Ke- 98

“Inilah tujuan utama dari kita dalam merekrut jurnalis warga,”katanya.

Pelaksanaan TOT ini disambut baik oleh seluruh duta literasi. Dengan diadakannya pelatihan cara menulis berita ini menambah ilmu pengetahuan tentang bagaimana cara membuat informasi yang bermanfaat. Seperti dikatakan Guntur duta literasi dari Desa Air Puar Kecamatan Mulak Ulu. Ia sangat berterimakasih pada pendamping ekspedisi menulis yang telah merekrutnya menjadi anggota di ekspedisi menulis.

“Banyak ilmu yang saya dapat dalam TOT ini, yang pertama ilmu cara menulis berita yang baik dan benar,”katanya.

Editor : Ron

Check Also

Pangdam II/Swj Pimpin Sidang Pantukhir Caba PK TNI AD Tahun 2021

Author : Prima LAHAT, LhL – Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) II/Sriwijaya, Mayjen TNI Agus …

SMM Panel

APK

Jasa SEO

error: Content is protected !!