Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Merapi Timur / WARGA MUARALAWAI TELUSURI BATAS TANAH BERSAMA TODAT

WARGA MUARALAWAI TELUSURI BATAS TANAH BERSAMA TODAT

Author : Karel

MERAPI TIMUR, LhL – Masyarakat Desa Muara Lawai Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat dan Tokoh Adat (Todat) Hari ini, Selasa (30/1/18) melakukan penelusuran batas desa,bersama team survey PTBA (Persero).

Penelusuran ini dilakukan sesuai kronololgis singkat tentang sejarah Desa Muara Lawai oleh Ketua Adat, Syehari. Diuraikannya, bahwa pada tahun 1912 didirikannya Desa Muara Lawai, Marga Tamblang Gedung Agung. Pada tahun 1941 penetapan Desa Muara Lawai sesuai dengan seluruh batas Desa Marga Tamblang Gunung Agung.

“Kemudian Tahun 1984-1986, dilakukan penetapan perubahan daerah adat. Lalu pada tahun 1999 telah dilakukan pemasangan tapal batas wilayah desa dan kelurahan (P2TBWDK)”, urai Sywhari.

Baca Juga  Wabup Buka Acara Musrenbang Tingkat Kecamatan Merapi Area

Muhammad Alam, seorang warga setempat menyebut, seiring waktu, karena lahan tersebut masih banyak yang belum digarap, maka saat itu juga masih banyak yang mencoba untuk menguasai secara pribadi pada waktu itu juga di tahun yang sama.

“Di tempat yang sama, masyarakat Desa Muara Lawai akan selalu memperjuangkan hak tanah adat Desa kami. Walau dengan segala konsekwensinya,” cetus Muhammad Alam..

Sementara Khairullah  Ketua BPD Muara Lawai, mengaku sangat mendukung warga mempertahankan tanah adat, walau dengan segala cobaan dan resiko yang ada.

“Karena itu, warga harus kompak”, ajak Khairullah.

Penelusuran pada Selasa (30/01/18), tambah Burmawi selaku warga yang sama, adalah penelusuran yang ke sekian kalinya. Ia meminta agar hari ini, adalah yang terakhir kalinya.

Baca Juga  Servo Lintas Raya Dinilai Korbankan Kesehatan dan Keselamatan Masyarakat, Begini Respons DPRD Lahat

“Sebab masyarakat sudah lelah dengan sikap Pemerintah yang masa bodoh atas keluh kesah masyarakat. Andai pemerintah Kabupaten lahat sudah ambil sikap, mungkin masalah ini sudah cleir,” keluhnya.

Untuk diketahui, berdasarkan peta tanah adat, sebagian lahat masuk IUP PTBA. Karenanya, ada Dua orang team survei ikut terlibat dalam penelusuran ini.

Saat diwawancarai, salah satu dari perwakilan PTBA, AN menyabut dirinya mendapat tugas dari pimpinan. Karena sebelumnya sudah ada kontak dengan pihaknya.

“Makanya hari ini kami ke Desa Muara Lawai Merapi Timur”, kata AN.

Editor : Zadi

Check Also

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan Warga Nanjungan Mengapung di Sungai Lematang

Author : Hendry MERAPI TIMUR, LhL – Warga di Desa Nanjungan Kecamatan Merapi Timur Kabupaten …

SMM Panel

APK

Jasa SEO