Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / GELAR PASUKAN, PETUGAS DIMINTA TINGKATKAN KEGIATAN PREVENTIF DAN REPRESIF

GELAR PASUKAN, PETUGAS DIMINTA TINGKATKAN KEGIATAN PREVENTIF DAN REPRESIF

Author : DARMAWAN

LAHAT, LhL – Polres Lahat melaksanakan apel gelar pasukan pengamanan hari raya Idul Adha 1438 Hijriah tahun 2017, apel ini merupakan wujud kesiapan Polri dalam menghadapi kegiatan pengamanan hari raya Idul Adha. Bertempat di lapangan Polres Lahat,

IMG-20170831-WA0044

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bupati Lahat H. Aswari Riva’i SE, Dandim 0405, Plt Sekda H. Haryanto, Ketua DPRD Lahat Herliansyah serta diikuti oleh unsur Polri, TNI, dan SKPD. Kamis (31/08/2017)

Bertindak sebagai Irup (Inspektur Upacara, red) Kapolres Lahat AKBP Roby Karya Adi SIK dalam amanatnya mengajak kepada petugas yang terlibat, pada pengamanan nantinya untuk bisa bekerja secara maksimal. Dikatakan Dia apel ini sekaligus sebagai sarana untuk konsolidasi sebelum menghadapi tugas pengamanan di lapangan, rencana pengamanan dan seperangkat cara bertindak yang telah dipersiapkan.

IMG-20170831-WA0043

“Diharapakan dapat dilaksanakan secara sinergis oleh seluruh unsur pengamanan yang terlibat, sehingga masyarakat dapat merayakan hari raya idul adha 1438 Hijriah dengan aman, nyaman, lancar dan dipenuhi dengan rasa kebersamaan,” katanya.

Dilanjutkan Roby, pada  pengamanan setidaknya ada tiga poin utama yang menjadi perhatian bapak Presiden R.I, yakni terjaganya stabilitas harga pangan, kondisi Kamtibmas yang  kondusif dan keamanan, kelancaran serta kenyamanan arus mudik dan arus balik.

“Dalam mewujudkan stabilitas harga pabgan, Polri telah membentuk Satgas pangan untuk memantau dan menjaga harga pangan agar tetap stabil upaya tersebut diwujudkan melalui kerjasama dengan lembaga terkait serta penegakan hukum yang tegas terhadap para pelaku penimbunan, pengoplosan, pemalsuan maupun tindak pidana dan pelanggaran lainnya terkait pangan,” terangnya. 

Baca Juga  PISAH SAMBUT CAMAT PAGAR GUNUNG BERJALAN KHIDMAT

Sedangkan untuk menjaga situasi kondisi Kamtibmas yang aman dan kondusif. Roby mengingatka kepada seluruh personil polres dan jajaran polsek untuk mampu menekan angka kejahatan konvensional seperti Curat, Curas, Curanmor, copet, Blus, Hipnotis dan pencurian rumah kosong melalui peningkatan kegiatan Preventif dan Represif.

“Lakukan langkah deteksi dini terhadap kerawanan yang ada dengan mengoptimalkan peran Bhabinkamtibmas dan intelijen di lapangan. Berikan himbauan dengan Public addres untuk menngingatkan masyarakat agar senantiasa waspada dan turut bersama sama Polri dalam menjaga Kamtibmas,” imbuhnya.

Disamping itu Kapolres juga menekankan kepada seluruh jajarannya untuk terus meningkatkan kegiatan sambang dan patroli di titik-titik rawan gangguan Kamtibmas, seperti rerminal, pemukiman yang ditinggalkan oleh pemiliknya, pusat perbelanjaan, Bank dan ATM, serta tempat tempat wisata yang ramai dikunjungi pada saat perayaan hari raya nantinya. 

“Berkaitan dengan kelancaran arus lalu lintas, saya menekankan agar selurun personil bisa memberikan pelayanan secara All Out, berikan atensi penuh pada titik rawan laka dan rawan macet. Khusus bagi Polres dan Polsek jajaran apabila ada masyarakat yang membutuhkan bantuna baik kecelakaan lalu lintas, tindak pidana hendaknya dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan informasi maupun bantuan darurat dapat menggunakan pelayanan berbasis teknologi informasi,” ujarnya. 

Baca Juga  "PAKSUHE" MANJAKAN TAMU DI HOTEL GRAND ZURRY LAHAT

Pengamanan hari raya ini nantinya akan dilaksanakan selama empat hari dari tanggal 31 Agustus s/d 3 September 2017, dengan melibatkan total 212 personil dari kepolisian dibanti Stakeholders terkait mulai dari TNI hingga jajaran Pemda Lahat. 

“Ciptakan harmonisasi secara sinergi dan diantara stakeholders yang terkait, sehingga pelaksaan pemgamanan hari raya Idul Adha1438 hijriah dapat berjalan dengan lebih baik, aman, tertib dan lancar dibandingkan tahun sebelumnya. Pada kesempatan yang penuh kebahagian ini pula, kepada seluruh anggota Polri dan seluruh elemen pengamanan beserta keluarga dimanapun bertugas saya menyampaikan. Selamat hari raya Idul Adha 1438 hijriah, mohon maaf lahir dan Bhatin,” tutupnya.

Sedangkan Bupati Lahat, H. Aswari Riva’i, SE dalam sambutannya mengatakan bahwa apel tersebut bukan hanya sekedar diisi dengan dengan gelar pasukan demi keamanan moment hari raya kurban.

“Acara ini juga untuk mempererat jalinan silaturahmi antar stakeholder yang ada di Kabupaten Lahat,” kata Aswari.

Usai gelar pasukan, acara kemudian dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng yang dilakukan oleh Bupati dan Kapolres Lahat.

Editor : ZADI

Check Also

Hadiri Sidang PMH LPG Subsidi di PN Lahat, SBM Linggau MOR II Ditolak Hakim Tanpa Kuasa Dirut PT. Pertamina

Author : Ujang LAHAT, LhL – Sidang kedua gugatan Perbuatan Melawan Hukum (PMH) antara Yayasan …

SMM Panel

APK

Jasa SEO