Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / KEPUASAN TERSENDIRI SAAT MENJALA IKAN DI SUNGAI LEMATANG

KEPUASAN TERSENDIRI SAAT MENJALA IKAN DI SUNGAI LEMATANG

Author : GANDA COI

 

LAHAT, LhL – Meski cuaca belum kemarau penuh, Sungai Lematang sudah ramai dikunjungi oleh warga Lahat pada sore hari baik hanya sekadar untuk mandi maupun mencuci. Selain dua hal tersebut para pencari ikan pun tak mau ketinggalan, para mancing mania, penjaring dan menjala ikan juga ikut meramaikan suasana di sungai Lematang hingga malam. Hal tersebut diungkapkan oleh Fery (45) salah seorang warga Desa Karang Anyar Kecamatan Kota Lahat Jum’at, (25/0817).

Dikatakan Fery, ia pun memperbaiki jala yang dipersiapkan untuk mencari jenis ikan di sungai Lematang kebanggaan nasyarakat Kabupaten Lahat. “Selain hiburan, ada kepuasan sendiri mencari ikan menggunakan jala dan jaring di sungai Lematang, khususnya di wilayah desa kita jarang anyar ini yang juga tidak jauh dengan lokasi penambangan batu dan pasir”, ungkap Fery.

Baca Juga  Dukung Penilaian Adipura, Epriani : "Enak Pungut Sampah Ketimbang Pungutan Liar"

IMG_20170826_105558

Terlebih lagi, sambungnya, aliran sungai yang saat ini lumayan kecil, merupakan kesempatan yang baik untuk mencari ikan, karena lumayan gampang mendapatkannya meski tidak semudah dulu pada saat ia masih anak-anak.
“Ya, banyak jenis, ada kerali, umbut kepiat, bung dan kadang dapat ikat lele, mas mujair yang dilepas oleh Pemkab Lahat beberapa tahun terakhir yang sudah lumayan berat”, cetusnya.

Selain kita warga disini, banyak juga warga lainnya yang sama-sama mencari ikan bersama kita dari sore hingga malam. Disyukuri saja meski tidak banyak, namu tetap dapat. “Ada dari Pasar Bawah, Bandar Agung, Sekip dan Talang Kapuk yang menjala dan jaring ikan disini. Sementara kalau yang Mancing mereka bisa sampai subuh ditempat kita ini”, ungkapnya.

Baca Juga  Tinjau Venue Cabor Porprov Lahat 2023, Gubernur Sumsel Tegaskan Hal Ini

IMG_20170826_105728

Sutar (25) warga Desa Nantal Kecamatan Lahat, meski masih singel dan tidak bisa berenang ia mulai kecanduan dengan alat pencari ikan tradisional ini. Dalam satu minggu ia bisa dua sampai tagi kali mencari ikan disungai Lematang pada saat aliran sungai mulai mengecil.
“Awalnya ikut-ikutan saja, lama-lama akhirnya jadi hoby. Dapat tidaknya ikan tidak masalah, namun ada kepuasan sendiri mencari hiburan di sungai Lematang ini”, pungkasnya.

Editor : ZADI

Check Also

Hadiri Sidang PMH LPG Subsidi di PN Lahat, SBM Linggau MOR II Ditolak Hakim Tanpa Kuasa Dirut PT. Pertamina

Author : Ujang LAHAT, LhL – Sidang kedua gugatan Perbuatan Melawan Hukum (PMH) antara Yayasan …

SMM Panel

APK

Jasa SEO