Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Mulak Ulu / TPA DESA PENINDAYAN GELAR SYUKURAN TAMAT PENGAJIAN

TPA DESA PENINDAYAN GELAR SYUKURAN TAMAT PENGAJIAN

Author : Jack Mania

MULAK ULU, LhL – Menuntut ilmu agama Islam sangat diwajibkan untuk ditanamkan sejak usia dini pada anak anak, agar anak anak mulai mengenal ilmu agama sejak masih kecil.

Seperti hari ini rabu 5/6 anak anak TPA di Desa Penindayan Kecamatan Mulak Ulu, melangsugkan penamatan pengajian alquran (Khatam), yang bertempat di Masjid Al-Takwa, pengajian ini telah berlangsung sejak selama 6 bulan lalu

Sebelum acara pembacaan Alqur’an oleh tingkat pendidikan anak secara bergilir, diawali dulu dengan pembacaan kitab suci Alquran oleh Wendi (15th) sebagai pembuka. Kemudian dilanjutkan kata sambutan oleh pembina pengajian Ustad Muhammad Sa’id.

Dalam sambutanya Ustad M Sa’id, mengucapkan rasa syukur kepada Allah, karena hari ini TPA Desa Penindayan Kecamatan Mulak Ulu telah menamatkan pengajian, yang telah berlangsung selama 6 bulan. Ustad berpesan pada anak anak, bagi anak anak yang sudah mulai lancar Alquran atau belum, diharapkan harus sering dibaca di rumah.

“Saya berpesan buat TPA Desa Penindayan, agar terus membaca Alquran di rumah, walau pengajian ini sudah tamat, nanti kita lanjutkan lagi belajar membaca Alqurannya, karena belajar tidak ada habisnya,” jelas Ustad yang sudah lama megajar membaca Alquran ini.

Baca Juga  PERCANTIK LINGKUNGAN DENGAN GAPURA DESA

Muhammad Sa’id yang sudah berumur 68 tahun ini sangat disenangi oleh anak anak, karena cara mengajarnya sangat lembut atau tidak galak. Hampir di setiap desa di Kecamatan Mulak ulu, Ustad mengajarkan ilmu agama.

Senada disampaikan oleh Hardawan Kepala Desa Penindayan Kecamatan Mulak Ulu, dalam sambutanya beliau berharap pada anak anak yang sudah menamatkan pengajian hari ini, agar diteruskan lagi belajar mengajinnya.

“Pada anak anak, usai penamatan ini diharapkan untuk diteruskan lagi belajar mengajinya, sesuai dengan himbauan Ustad M Sa’id, libur dulu satu bulan nanti di lanjutkan,” harap Kepala Desa ini.

Kemudian dilanjutkan dengan siraman rohani oleh Ustad Samsudin dari Desa Datar Balam Kecamatan Mulak Ulu. Ustad Samsudin sengaja diundang untuk menghadiri penamatan pengajian ini bersama santrinya. Dalam ceramahnya Ustad mengajak pada anak anak dan orang tua atau wali murid, untuk menggalakan membaca Alquran, karena belajar Alquran tidak harus anak kecil, siapa yang belum bisa membaca Alquran wajib bisa membaca, karena itu adalah perintah dari Allah swt.

Baca Juga  KADES DATAR BALAM SERAHKAN BLT-DD TAHAP DUA BULAN KE-1

“Kita menuntut ilmu agama itu tidak memandang umur, selagi nyawa masih di kandung badan, kita selalu dituntut untuk belajar ilmu agama. Jangan anaknya disuruh belajar membaca Alquran, sementara orang tuanya tidak bisa membaca Alquran,” pungkasnya.

Usai kata sambutan dilanjutkan dengan membaca Alquran secara bergilir oleh anak anak TPA. peserta pengajian ini berjumlah 42 orang, yang di ikuti oleh anak umur 4 tahun sampai umur 15 tahun. Eko boca Yang baru berumur 4 tahun ini mendapat undian pertama untuk membaca Alquran, Ia sangat senang sudah bisa membaca Alquran.

“Alhamdulillah aku lah pacak dikit mbace alquran, nanti ngulang lagi belajar,” ketika di tanya awak Media Lahathotline.com.

Selama pembacaan secara bergilir berlansung, situasi sangat khidmat. Acara penamatan pengajian ini dihadiri oleh seluruh wali murid, ketika usai acara berlangsung dilanjutkan dengan makan bersama tanda rasa syukur pada Allah.

Editor : Yadi

Check Also

Usai Kondangan, Konvoi Kendaraan Rombongan Yulius Maulana Dicegat Warga

Author : NOPI MULAK ULU, LhL – Ada suatu hal yang mengejutkan dalam perjalanan pulang …

SMM Panel

APK

Jasa SEO