Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Merapi Barat / MANGGALA AGNI DAOPS IV LAHAT GELAR APEL GABUNGAN

MANGGALA AGNI DAOPS IV LAHAT GELAR APEL GABUNGAN

Author : HENDRIADI

MERAPI BARAT, LhL – Apel Gabungan Gelar Pasukan Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Wilayah Kabupaten Lahat Tahun 2017 berlangsung di halaman kantor Manggala Agni Daops IV Lahat, turut hadir dalam kegiatan ini kapolres Lahat AKBP Roby Karya Adi, SIK, diwakili Kasat Binmas AKP Gali Atmajaya, Skom, SIK, Kapolsek Merapi AKP Sofiyan Ardeni, SH, Koramil Merapi Pelda Ujang dan Manggala Agni Daops IV Lahat. Kamis, (11/05/2017).

Kepala Daops IV Lahat Chandra Ifansyah dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini dalam rangka awal pelaksanaan patroli terpadu untuk mencegah Karhutla, untuk wilayah Sumatera sendiri serentak dilaksanakan di dua provinsi Riau dan Sumtera Selatan, untuk hari ini launchingnya bagi Tim Manggala Agni untuk menuju posko masing masing.

“Untuk di Sumatera Selatan ada 50 desa sedangkan untuk di wilayah Lahat ada 12 desa yang tersebar di 5 kabupaten Lahat yaitu kabupaten Muara Enim, Musi Rawas, Pali dan Musi Rawas Utara, kegiatan ini sifatnya terpadu, dalam satu posko ada enam personil baik itu dari Manggala Agni, TNI, POLRI dan Masyarakat,” ungkap Chandra.

Baca Juga  MASYARAKAT DESA ULAK PANDAN GOTONG ROYONG BERSIHKAN TPU

Sekretaris Camat Merapi Barat Mardan dalam sambutannya menyampaikan permintaan mohon maaf dari camat karena beliau tidak dapat hadir dalam kegiatan ini, dikarenakan ada urusan pekerjaan yang tidak dapat ditinggalkan, beliau berpesan dirinya sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh Manggala Agni, sebab beliau sangat peduli dengan lingkungan khususnya di kabupaten Lahat.

“Kami dari pihak kecamatan sangat mendukung sekali kegiatan yang diadakan oleh Manggala Agni, kami berharap dengan adanya Manggala Agni tidak ada lagi yang namanya kebakaran hutan dan lahan, bagi masyarakat khususnya para petani di himbau apabila ingin membuka lahan perkebunan agar tidak dengan cara dibakar karena itu sangat berbahaya dapat mengakibatkan kebakaran hutan,” ungkapnya.

Pelda Ujang Koramil Merapi dalam sambutannya menyampaikan, pihak TNI sangat mendukung kegiatan yang diselenggarakan oleh Manggala Agni untuk menjaga dari kebakaran hutan dan lahan. “mari kita bersama sama mengapresiasi kegiatan ini, pihak TNI sangat mendukung sepenuhnya kegiatan ini, mari kita laksanakan kegiatan ini dan saling koordinasi dengan baik demi menjaga wilayah dari kebakaran hutan dan lahan,” ungkapnya.

Baca Juga  NASRUN LANTIK PENGURUS KORPRI UNIT KECAMATAN MERAPI AREA

Sementara itu, Kasat Binmas Akp Gali Atmajaya S,kom, SIK dalam sambutannya menyampaikan, Dalam rapat kerja nasional Tanggal 23 Januari 2017 yang lalu, Presiden RI telah menyampaikan arahan langkah langkah antisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tahun 2017 kepada seluruh jajaran TNI, POLRI, para Gubernur dan Bupati yang daerahnya rawan terjadi karhutla dimana salah satu arahannya, daerah lebih dini mengantisipasi karhutla dengan menetapkan status siaga dan mengaktifkan posko karhutla.

“Melalui apel gabungan ini dalam rangka menanggulangi karhutla, mari bersama sama untuk mencegah serta menanggulangi kebakaran hutan dan lahan, pesan saya laksanakan tugas sebaik baiknya, lebih baik mencegah dari pada menanggulangi, jadi kepada masyarakat khususnya para petani dihimbau apabila membuka lahan pertanian/perkebunan jangan dibakar karena hal tersebut sangat berbahaya apabila apinya tidak terkendali dapat mengakibatkan kebakaran hutan dan Lahan,” ungkapnya.

Editor : YADI

Check Also

Tim Keluarga YM Beri Bantuan Beras, Warga Merapi : Terima Kasih Pak Yulius Maulana

Author : Ujang MERAPI TIMUR, LhL – Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H, …

SMM Panel

APK

Jasa SEO