Home / REGIONAL / MUARA ENIM / MUZAKIR : LEWAT SENI DAN BUDAYA KITA KENALKAN KABUPATEN MUARA ENIM KE DUNIA

MUZAKIR : LEWAT SENI DAN BUDAYA KITA KENALKAN KABUPATEN MUARA ENIM KE DUNIA

Author : Ari Firmansyah

MUARA ENIM, LhL – Bupati Muara Enim, Ir Muzakir Sai Sohar hadiri acara pagelaran Seni budaya dan tari dalam rangka Hari pendidikan Nasional di Gedung Kesenian, Selasa (02/05/2017).

Muzakir mengatakan, sebagai putra daerah sudah menjadi kewajiban untuk melestarikan seni dan budaya daerah. 

“Acaranya bagus, makanya saya tahan nonton sampai tiga jam,” cetus Muzakir. 

Dengan adanya kegiatan tersebut, kata Bupati, dirinya berharap dapat memperkenalkan Kabupaten Muaraenim ke daerah luar melalui seni dan budaya. 

“Jika memang memungkinkan, nanti akan kita ikutkan dalam festival budaya internasional,” ungkap Muzakir. 

Selain itu, lanjut Muzakir, seni budaya merupakan asset daerah. Untuk itu, Pemkab Muaraenim akan terus memberikan motivasi agar seni dan budaya dapat terus digali di semua daerah di Kabupaten Muara Enim.

Baca Juga  NURUL AMAN BERHARAP, BKPM DAPAT MEMBERIKAN RASA AMAN KEPADA INVESTOR

Acara pagelaran yang diadakan di gedung kesenian itu, juga dihadiri oleh unsur FKPD dan masyarakat di Kabupaten Muaraenim. 

Ada 15 seni tari dan 4 lagu daerah yang ditampilkan pada acara tersebut. Beberapa diantaranya dibawakan secara massal oleh anak-anak yang berjumlah lebih dari seratus orang. 

Karena umurnya yang masih belia, kerap kali mereka melakukan kesalahan dalam membawakan tari. Namun hal itu, justru mengundang tawa penonton yang merasa lucu menyaksikan penampan anak-anak tersebut. 

Ketua Pelaksana kegiatan, HM Rasyid AR saat disambangi pewarta media ini mengatakan, acara tersebut baru pertama kali dilaksanakan oleh sanggar tarinya. 

Baca Juga  PTBA AKAN KENALKAN KULINER DAN BUDAYA TANJUNG ENIM

“Kita memberanikan diri untuk melaksanakan kegiatan seperti ini. Kita berharap nantinya anak-anak lebih aktif dan giat lagi belajar, serta Pemerintah dapat memberikan peluang bagi kita,” ujar Rasyid. 

Dikatakan oleh Rasyid, dari 15 tari yang ditampilkan, beberapa diantaranya merupakan ciptaan dari sanggar tari Arizka Cipta. 

“Beberapa merupakan cipataan atas nama saya sendiri dan pemain musik serta penari sanggar tari Arizka Cipta Muaraenim. Ada juga tari yang kita padukan dengan lagu-lagu daerah untuk memperbanyak suasana gerak,” papar Rasyid.

Editor : Zul

Check Also

Safari Ramadan BUMN 2024, Bukit Asam (PTBA) Siapkan 1.000 Paket Sembako Murah

Author : Ujang/Humas BA MUARA ENIM, LhL – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan, Kementerian …

SMM Panel

APK

Jasa SEO