Home / HUKUM & KRIMINAL / “MISA PASKAH” KAPOLRES LAHAT TURUN TANGAN BANTU PENGAMANAN

“MISA PASKAH” KAPOLRES LAHAT TURUN TANGAN BANTU PENGAMANAN

Author : DARMAWAN

 

LAHAT, LhL – Demi menjaga kemananan, kenyamanan serta agar antar pemeluk agama tetap bisa menjaga sikap toleransi antar sesama pemeluk agama. Hari ini Jum’at (14/04) Polres Lahat dalam pimpinan langsung Kapolres Lahat menyambangi setiap rumah ibadah umat agama Kristen (Gereja) dalam rangka pengamanan peringatan hari Misa Paskah umat Agama Kristen. Kegiatan menyambangi yang dilakukan oleh orang nomor satu di Polres Lahat tersebut guna mengecek sekaligus menjaga keamanan dan kenyamanan dalam peringatan hari raya tersebut. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kapolres beserta jajarannya tersebut menyambangi seluruh rumah ibadah umat kristen yang ada di wilayah hukumnya.

Kegiatan yang dilaksnakan oleh anggota Polri tersebut dimulai dari pukul 08.00 wib bertempat di Gereja – gereja yang akan berlangsung kegiatan ibadat Jumat Agung dalam rangka memperingati  perayaan Hari Wafat Isa Almasih (Hari Paskah).

Adapun Gereja – gereja yg melaksanakan Ibadat Jumat Agung dan Misa Paskah yang disambangi oleh Kapolres beserta jajarannya tersebut, Gereja Santa Maria, Jalan Mayor Ruslan II Kelurahan Pasar Baru Lahat ( depan RSUD Lahat ), dengan jumlah Jemaat lebih kurang 760 orang, bertindak sebagai pendeta Romo Gono Pratowo Pr serta Romo Indri Irianto SCJ, dilanjutkan ke Gereja Methodist, Jalan Emil Salim No.44 Kel Pasar Bawah, Kecamatan Lahat, dengan jemaat 186, sebagai pendeta Zending Situmeang, Gereja Pantekosta Di Indonsia ( GPDI ), Jln.Emil Salim No.160 Kel Pasar bawah Kecamatan Lahat, jumlah jemaat 250 orang, sebagai pendeta FA. Mamangke, Gereja Huria Kristen Batak Protestan, Jalan Kolonel Simbolon No.14 Kelurahan Gunung Gajah, Kecamatan Lahat, jumlah jemaat 150 orang, sebagai pendeta Pangondian Siahaan, Gereja Kemenangan Iman Indonesia ( GKKI ), Jalan Microweve No.78 Kelurahan Gunung Gajah Kecamatan Lahat, jumlah jemaat 60 orang, sebagai pendeta Parlindungan Tarigan, Gereja Kemenangan Injil Indonesia ( GKKI ), Jalan Cemara Rw.11 Rt.04 Kelurahan Pasar Lama Lahat, jumlah jemaat 70 orang, sebagai pendeta Julius Sanyoto,M.Th, Gereja Sidang Jemaat Allah ( GSJA ), Jalan Mayor Ruslan III No.100 Kelurahan Pasar Lama Lahat, jumlah jemaat 100 orang, sebagai pendeta Paulus Naryanto Indarto.

Baca Juga  BOCAH SNIPER RAIH JUARA 2 DAN 4

Untuk di Kecamatan sendiri langsung dipimpin Kapolsek Jajaran Wilatah Hukum Polres Lahat, Gereja Santo Mikael, Desa Pajar Bulan Kecamatan Tanjung Sakti Pumi Kabupaten Lahat, jumlah jemaat 90 orang, sebagai pendeta Titus Purbasaputra, CSJ. Gereja Sidang Jemaat Allah ” Victory” Jalinsum Rt.03 Kelurahan Lebuay Bandung Kecamatan Merapi Timur, jumlah jemaat 45 orang, sebagai pendeta Oetniel Mamangke, Gereja Pantekosta di Indonesia ( GPDI ) desa Marga Mulyan, Kecamatan Kikim Timur Kabupaten Lahat, jemaat sebanyak 50 orang, sebagai pendeta Lukas Sulistiyono.

Baca Juga  HARI INI OSPEK STIE SERELO LAHAT DIMULAI

Kapolres Lahat AKBP Roby Karya Adi SIK saat dibincangi menjelaskan, pengamanan dalam rangka ibadat umat kristen tersebut adalah ditujukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bagi umat yang sedang menjalankan peribadatannya.

“Kita sudah intruksikan kepada seluruh anggota untuk mengamankan seluruh rumah ibadah yang melangsungkan acara hari ini. Kita akan menjaga agar saudara kita ini bisa menjalankan ibadahnya dengan rasa tenang dan nyaman,” terangnya.

Ditambahkan Roby, dirinya menghimbau agar pemeluk agama lainnya masih tetap menjaga keharmonisan dan toleransi antar sesama pemeluk agama dan kepercayaan masing masing.

“Kita berharap agar toleransi antar pemeluk agama selama ini terus tetap terjaga. Jangan terpancing isu yang menyesatkan agar kita semua tidak terpecah belah,” tegasnya.

Selama kegiatan peribadatan tersebut berlangsung situasi tetap berjalan aman dan terkendali.

 

Editor : UJANG SP

 

Check Also

Jual Gas Melon di Luar HET, Akan Dicabut Izin Usahanya

Author : Man/SMSI LUBUKLINGGAU, LhL – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Tim Satuan …

SMM Panel

APK

Jasa SEO