Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Mulak Ulu / GALI POTENSI WISATA, KABUPATEN LAHAT PROMOSIKAN KEINDAHAN RUMAH ADAT

GALI POTENSI WISATA, KABUPATEN LAHAT PROMOSIKAN KEINDAHAN RUMAH ADAT

Author : Jack Mania

MULAK ULU, LhL- Wisata Alam Kabupaten Lahat, memang sungguh luar biasa indahnya. Hal ini dapat dibuktikan dari pemandangan alamnya, seperti adanya ratusan air terjun dan ribuan megalith, ditambah lagi masih banyaknya Rumah Adat (Huma Baghi) dan bermacam kulinerya, menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan, untuk mengunjungi beberapa objek wisata yang ada di Lahat.

Hari ini kamis 23-02-17, crew Kompas Tv bersama beberapa orang penggiat wisata Kabupaten Lahat melakukan pembuatan film dalam acara Week end yuuk, yang tayang setiap hari Sabtu siang di Kompas tv.

Mario Andramartik, selaku penggiat wisata ini sengaja mengajak crew Kompas tv, untuk melakukan syuting di Kecamatan  Mulak Ulu. Adapun tujuanya, untuk memperomosikan Rumah Adat dan Batu Megalith yang ada di Desa Geramat.

“Ya.., hari ini kita ambil lokasinya di sini. Selain memperomosikan Huma Baghi dan megalith, kita perkenalkan juga Air terjun Penenangan, karena objek wisata yang ada mulak ulu sangat banyak sekali”, terang Mario kepada LahatHotline.com, dilokasi pada Kamis (23/2) siang tadi.

Masih kata Mario, semua pihak harus perkenalkan pada dunia, bahwa Kabupaten Lahat ini mempunyai beberapa objek wisata yang sangat menarik.

“Dan ini tidak kalah pada daerah lainya”, imbuh pria yang sudah keliling manca negara ini.

Baca Juga  8 TAHUN DISERANG DIABETES, AHMAD DARMAWI HARUS KEHILANGAN JARI KAKI DAN TANGAN

Tak kalah tertariknya, Anita Mae, gadis cantik sebagai Host week end yuuk dari Kompas tv, saat tiba di Desa Geramat merasa kagum akan keindahan wisata di desa yang dikelilingi persawahan ini. Apalagi menurut dia, saat melihat masih banyaknya rumah adat yang masih asli.

Anita Mae, presenter cantik yang berasal dari Lombok NTB ini,tak henti hentinya bilang “wow ini kereen”, ini luar biasa, saat Mario menjelaskan rumah adat yang sudah berumur ratusan tahun ini. Bahkan Anita Mae juga sempat mencicipi masakan khas Kabupaten Lahat, yaitu Masakan Ikan Pais (Pepes) yang dimasak dalam bambu.

Tak hanya itu, Anita juga mencoba permainan tradisional, seperti Pantak Lele bersama anak anak. Tampak dirinya sangat ceria sekali, apalagi antusias anak anak saat Mae mau ikut bermain, anak anak pun sangat senang.

“Wow, ini keren kak, rumah adatnya masih kokoh, walau sudah berumur ratusan tahun. Saya sangat senang sekali, ditambah pemandangan alamnya yang sangat luar biasa”, kagumnya, saat pewarta mencoba membincangi gadis cantik yang akrab disapa Mae ini.

Saat diajak mengunjungi Air Terjun Penenangan, yang berada di Desa Muara Tiga, dan Air terjun Khinjing di Desa Air Dingin, Mae sangat senang sekali.

“Saya benar benar takjub atas keindahan air terjunya”, ucapnya.

Baca Juga  WARGA MUARA TIGA : BERKAT ADD, DESA KAMI BISA DIALIRI AIR BERSIH

Sementara Sundari, Kabid Promosi Dinas Pariwisata Kabupaten Lahat, yang juga ikut rombongan crew Kompas tv juga menuturkan, bahwa dirinya dari Dinas sangat senang sekali melihat keindahan rumah adat yang masih utuh sampai saat ini.

“Ini harus dijaga dan dilestarikan. Apalagi ditambah dengan megalith dan indahnya panorama alam sekitar, kita usahakan Mulak Mlu, menjadi tujuan objek wisata kabupaten Lahat”, tandas Sundari.

Terpisah, Miharta SE, M. Si, sebagai Camat Mulak Ulu, saat dimintai keterangan mengenai syuting week end yuuk di Desa Geramat, menuturkan, dirinya dari pemerintahan sangat mendukung adanya program seperti ini.

“Apalagi ini tujuannya untuk memperkenalkan wisata yang ada di Mulak Ulu. Mudah mudahan objek wisata Mulak Ulu ini, akan menjadi tujuan wisatawan,” harapnya.

Pantauan di lapangan, pembuatan film Week end yuuk, yang lokasinya hari ini di Desa Geramat, disambut baik oleh masyarakat setempat,

Ivi Hamzah, selaku penggiat wisata yang ada di Desa Geramat, mewakili masyarakat mengucapkan banyak terima kasih pada Kompas tv, yang telah menyempatkan waktu untuk membuat film di Kompas tv, dalam acara Week end yuuk.

“Mudah mudahan beberapa objek wisata yang ada di Mulak Ulu, khususnya Desa Geramat menjadi tujuan wisatawan”, harap Ivi.

Editor : UJANG, SP

Check Also

Usai Kondangan, Konvoi Kendaraan Rombongan Yulius Maulana Dicegat Warga

Author : NOPI MULAK ULU, LhL – Ada suatu hal yang mengejutkan dalam perjalanan pulang …

SMM Panel

APK

Jasa SEO