Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Merapi Barat / GUNAKAN TENAGA SURYA, BISA PENEN 3 KALI DALAM SETAHUN

GUNAKAN TENAGA SURYA, BISA PENEN 3 KALI DALAM SETAHUN

Author : LIS

MERAPI BARAT, LhL – Petani padi di Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat, khususnya petani di Desa Ulak Pandan dan sekitarnya kini bisa sedikit tersenyum. Betapa tidak petani yang selema ini kesulitan mendapatkan air untuk pengairan sawah kini dibangun Prototipe sebuah alat yang bisa menampung sekaligus menyalurkan air ke lokasi persawahan. Menariknya lagi, mesin yang digunakan tidak memerlukan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan energi Listrik sehingga akan lebih ekonomis. Pembangunan yang di pelopori TNI AD dibawah Denpal Lahat ini sendiri diharapkan dapat meningkatkan hasil panen padi petani.

“Prototipe ini kita bangun tidak lain untuk membantu petani dan warga dalam memenuhi kebutuhan air baik untuk persawan maupun untuk kebutuhan sehari hari seperti mandi, mencuci dan kebutuhan lain,”ungkap Kapaldam II Sriwijaya Kol CPL Halomdan Rajagukguk SE didampingi Denpam Lahat, Mayor Ramin saat meninjau kegiatan pembangunan prototipe di Desa Ulak Pandan, Kecamatan Merapi Barat.

Baca Juga  REALISASI BOSDA DIPERTANYAKAN, KADISDIK LAHAT TOLAK KEDATANGAN WARTAWAN

Halomdan menambahkan, prototipe sendiri menyedot air dari Sungai Lematang yang kemudian ditampung dan diola di bak besar yang kemudian dialirkan melalui pipa-pipa  tersedia baik ke lokasi persawahan maupun bak penampung sebagai tempat pemandian umum bagi warga.

“Alat tersebut bisa dimanfaatkan petani khususnya dalam meningkatkan hasil pertanian. Jika sebelumnya hanya panen satu tahun sekali dengan memanfaatkan air hujan kedepanya bisa setahun tiga kali. Terlebih lagi, komitmen TNI AD dalam mewujudkan sewasembada beras,” paparnya.

Diterangkan dia, pastinya bantuan alat ini dapat dirawat, dijaga dan dipelihara. Sebab, mengerakkannya langsung menggunakan sinar matahari tanpa BBM ataupun listrik.

“Kita minta warga bisa memanfaatkanya. Menjaga dan merawatnya karena alat ini untuk petani itu sendiri. Apalagi mesin yang digunakan tidak menggunakan BBM dan Listrik hanya mengandalkan cahaya matahari dan kita berharap terobosan yang kita lakukan ini bisa menasional dan dicontoh petani lain,”harapnya.

Dilokasi yang sama Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lahat, Dapil II meliputi Merapi Area Tanhar Effendi SE mengapresiasi terobosan yang ada tersebut. Dirinya menambahkan, alat tersebut akan sangat membantu kalangan petani dan warga untuk memenuhi kebutuhan air. Dirinya berharap Prototipe yang dibangun bisa menjadi acuan bagi Pemda Lahat khususnya dalam membantu petani yang kesulitan air. Apalagi bisa ratusan hektar teraliri dengan alat tersebut.

Baca Juga  KARENA DEBU, IBU-IBU GUNUNG AGUNG DEMO PERUSAHAAN BATU BARA

“Alat ini juga akan sangat membantu untuk mewujudkan swasembada beras di Kabupaten Lahat. Saya kita ini harus dikembangkan di daerah lain apalagi sudah ada contohnya,” pungkas Tanhar, saat ikut dalam peluncuran prototipe.

Tak hanya itu, Camat Merapi Barat, Kamran SE mengungkapkan, warga Ulak Pandan dan sekitarnya kedepan tidak akan kekurangan air lagi termasuk saat kemarau tiba. Dirinya sendiri meminta warga agar menjaga dan memeliharanya.

“Kalau sudah tersedia air di desa warga tidak perlu lagi ambil air ke Sungai Lematang,” tukasnya.

Editor : UJANG, SP

Check Also

Tim Keluarga YM Beri Bantuan Beras, Warga Merapi : Terima Kasih Pak Yulius Maulana

Author : Ujang MERAPI TIMUR, LhL – Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H, …

SMM Panel

APK

Jasa SEO