Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / SISTEM PENILAIAN ADIPURA BERUBAH, DARI TITIK PANTAU MENJADI KATEGORI

SISTEM PENILAIAN ADIPURA BERUBAH, DARI TITIK PANTAU MENJADI KATEGORI

Author : LIS

LAHAT – Sistem penilaian untuk mendapatkan piala Adipura telah berubah. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis LH) Kabupaten Lahat, Drs H Ali Afandi, M. Pd. Dia menyebut, kali ini, dalam pemberian penilaian Piala Adipura tidak lagi menggunakan sistem titik pantau, melainkan kategori dari kawasan dikunjungi oleh tim penilai.

“Apabila dulu, kita harus mendatangi satu persatu titik pantau, kini, mengalami perubahan, dimana, tim akan melihat dari segi kategori, baik itu, sarana umum, puskesmas, RSUD, sekolah, perkantoran, pemukiman warga, terminal, pasar dan tempat pembuangan akhir (TPA),” jelasnya, ditemui, disela-sela gotong royong, Kamis (9/2).

Baca Juga  Kabar Untuk Masyarakat Lahat, Telah Hadir Rumah Sakit RSIA Adelia Graha Medika Lahat

Khusus, sambung dia, untuk TPA, tim akan melihat dari dekat mekanisme pengolahan sampahnya, bukan sekedar membuang sisa-sisa makanan ataupun minuman saja.

“Nah kalau untuk TPA itu scoornya sangat tinggi, disinilah kita (lintas sektoral, red) akan berjuang membenahi segala sesuatunya, supaya pengolahan sampah semakin hari semakin baik dan Piala Adipura kembali digengam,” jelas H Ali Afandi.

Tinggal lagi, kata Ali, bagaimana partisipasi dari masyarakat, jajaran pegawai di perkantoran dan sekolah dalam menjaga kebersihan dengan memperhatikan setiap detail penilaian adipura.

“Memang mempertahankannya bukan perkara mudah, hanya saja, saling berkomunikasi dan koordinasi kunci bersama dalam mendedikasikan, sebagai bentuk wujud kepedulian akan lingkungan, paling penting tidak membuang sampah sembarangan,” tukasnya.

Baca Juga  HUT MUHAMADIYAH, KHAIDIR RUSMI : JANGANLAH ANAK BANGSA TERPECAH BELA

Sementara itu, Kepala SMAN 2 Lahat, Tri Turnadi SPd menyebutkan, dirinya bersam-sama dewan guru dan pengelola sekolah, siap menjalankan instruksi dalam menjaga kebersihan lingkungan, guna mempertahankan Piala Adipura.

“Kami bersyukur, di SMAN 2 Lahat, kerapkali menjadi objek penilaian, dengan pengolahan sampah menjadi pupuk kompos serta kebersihan sekolah lainnya, kita akan dukung sepenuhnya, sehingga Kabupaten Lahat kembali mempertahankan Adipura di 2017 ini,” tandasnya.

Editor : UJANG, SP

Check Also

M. Farid : Kejar Target Keamanan Pelayanan Publik Lahat dengan MPP Mobile

Author : BRP LAHAT, LhL – Pj Bupati Lahat, Muhammad Farid, S. STP, M. Si, …

SMM Panel

APK

Jasa SEO