Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Merapi Barat / SEKDA LAHAT BERSAMA TRIPIKA, HADIRI SIMULASI PELEDAKAN BATU BARA DENGAN METODE BLASTING

SEKDA LAHAT BERSAMA TRIPIKA, HADIRI SIMULASI PELEDAKAN BATU BARA DENGAN METODE BLASTING

Author : DARMAWAN

MERAPI BARAT, LhL- Dengan isu yang berkembang di masyarakat, akan adanya tindakan peledakan yang di lakukan di areal pertambangan, perusahaan pengelola batu bara, tentunya kekhawatiran masyarakat setempat sangat besar. Kegiatan pengupasan lahan dengan menggunakan bahan peledak (blasting) PT.Muara Alam Sejahtera di Desa Muara Maung, Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat ini dihadiri Sekda Lahat, H Nasrun Aswari, SE, MM.

Hendri (45) masyarakat setempat mengutarakan rasa khawatirnya, baginya menambang batu bara dengan sistem peledakan merupakan hal baru bagi masyarakat setempat. “Kami takut nanti ada apa-apa, maklumlah baru ini kami dengar bakal ada peledakan,” ungkapnya cemas.

Bertempat di kantor PT. MAS telah dilaksanakan kegiatan pengarahan tentang keselamatan kegiatan peledakan (blasting) oleh bidang operasional tambang PT. MAS, acara tersebut dibuka oleh Direktur Men Suport PT. MAS Syahrul Sarnubi dihadiri oleh Sekda Lahat Nasrun Aswari, Asisten II, Kabag Ops Polres Lahat Kompol Heri Lawata, Kepala BLH Lahat, Litbang Lahat, Tripika Merapi Barat, Kasat Polisi Pamong Praja Lahat dan staf Pemerintah Kabupaten Lahat.

Baca Juga  WARGA DUSUN I DESA ULAK PANDAN RESAH, GANG SIANG BULAN DIPORTAL

Selanjutnya rombongan Pemerintah Kabupaten Lahat bersama pimpinan dan karyawan PT. MAS menuju lokasi peledakan (blasting), peledakan perdana pun dilakukan, adapun pelaksana peledakan dilakukan oleh PT. Armindo Prima Buana dan juru ledak dari PT. PSG Thomas dengan satu lokasi peledakan.

Sekda Lahat, Nasrun Aswari, SE, MM, saat dimintai keterangan mengatakan, dirinya berharap masyarakat setempat tidak lagi merasa cemas karena isu tidak bertanggung jawab.

Baca Juga  PEMUDA MERAPI AREA MERIAHKAN HUT KE 38 PTBA

“Semuanya aman, tidak bising dan sama sekali tidak ada guncangan sedikitpun, jadi warga sekitar tenang saja,” ujarnya.

Kapolres Lahat AKBP Rantau Isnur Eka SIK melalui Kabag Ops Polres Lahat Kompol Heri Lawalata mengatakan, bahwa semua kegiatan berjalan lancar dan tidak ada kendala sedikitpun seperti apa yang dicemaskan masyarakat.

“Tolong adik-adik yang datang, sampaikan info ke masyarakat lainnya, apa yang kita laksanakan sekarang benar benar tidak ada gangguan sama sekali,” tegas Heri.

Editor : UJANG SP

Check Also

Tim Keluarga YM Beri Bantuan Beras, Warga Merapi : Terima Kasih Pak Yulius Maulana

Author : Ujang MERAPI TIMUR, LhL – Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H, …

SMM Panel

APK

Jasa SEO