Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Tanjung Tebat / DANAU BATU BERPOTENSI JADI OBJEK WISATA DESA MUARA DANAU

DANAU BATU BERPOTENSI JADI OBJEK WISATA DESA MUARA DANAU

Author : Jack Mania

LAHAT, LhL – Satu lagi, untuk menambah daftar kunjungan wisata ke Kabupaten Lahat. Yaitu Danau Batu, danau yang terletak di areal persawahan Desa Muara Danau, Kecamatan Tanjung Tebat, Kabupaten Lahat.

Sepertinya, Danau Batu ini sangat berpotensi untuk mendukung program eksplorasi destinasi wisata di Bumi Setungguan, yang sekarang sedang gencar gencarnya mempromosikan kekayaan alamnya,

Danau batu imi adalah warisan dari Puyang Siak Sakti, yang merupakan leluhurnya moyang bagi masyarakat Desa Muara Danau. Warisan tersebut untuk kesejahteraan masyarakat, khususnya bagi penduduk desa sekitarnya. Sekarang di kawasan Danau Batu tersebut sedang dilakukan normalisasi untuk dibangun menjadi objek wisata dan kolam ikan.

Danau yang mempunyai luas 14700 meter persegi ini, apabila terwujud menjadi tempat wisata dan kolam ikan, maka akan menambah income desa dan dapat mengurangi pengangguran dalam desa itu sendiri.

Baca Juga  FASIFIK FC PAGAR AGUNG JUARAI FUTSAL DI GRIYA PRIMA ASYIK

Diceritakan Jonhendri, Kepala Desa Muara Danau, pria yang sangat memperhatikan akan perekonomian  warganya ini, ia dan perangkat desa bersama masyarakat harus putar otak. Bagaimana caranya agar ekonomi dalam desa bisa diatasi dan pengangguran berkurang.

Jon, sapaan akrabnya, saat di bincangi Lahat Hotline menyebut, bahwa Danau Batu yang selama ini terbengkalai tanpa menghasilkan apa apa, maka saat ini dia bersama masyarakat berusaha semaksimal mungkin, agar Danau Batu tersebut dapat menghasilkan income untuk desa.

“Sekarang ini Danau Batu tersebut masih di Normalisasi, yang nantinya akan didanai oleh Dinas Pengarian tingkat satu provinsi’, jelasnya.

Muda mudahan, harap Jon, Danau Batu ini nanti dapat bermanfaat bagi orang banyak dan menjadi tempat kunjungan wisata, baik dalam maupun luar Kabupaten Lahat.

” Kami sangat berharap dari pihak kabupaten maupun provinsi, untuk membantu terwujudnya Danau Batu ini menjadi wisata unggulan, khususnya Kecamatan Kanjung Tebat” harapnya.

Baca Juga  Kapolres Lahat Tinjau Pos Penyekatan dan Memberikan Bantuan Kepada Anggota Bhabinkamtibmas & Babinsa

Selaku Kepala Desa Muara Danau, Jon dan masyarakatnya tak lupa mengucapkan rasa terima kasih pada pemerintah yang telah memberikan bantuanya.

“Tetutama untuk normalisasi Danau Batu ini”, ungkapnya.

Sedangkan Camat Tanjung Tebat, Budi Santoso, saat dimintai keterangan mengenai normalisasi Danau Batu ini menuturkan, dirinya sebagai pihak pemerintah kecamatan sangat mendukung penuh, kalau Danau Batu ini nantinya akan di jadikan tempat wisata.

“Pastinya akan menambah pendapatan desa natinya”, jelas Budi.

Masih kata Budi, semua pihak berharap pada pemerintah  kabupaten atau provinsi, agar dapat memberikan bantuan bibit ikan atau prasarana lainya ke danau batu tersebut.

“Semua itu akan sangat dibutuhkan, aabila selesai di normalisasi nanti”, harap dia.

Editor : UJANG, SP

Check Also

Periksa 20 Saksi, Kejari Lahat “Kebut” Penyidikan Kasus Dandes Tanjung Raya Tanjung Tebat

Author : Ujang LAHAT, LhL – Sesuai amanat Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang …

SMM Panel

APK

Jasa SEO