Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / INI BERKAH DI BALIK LIMBAH RT BAGI SUHAIMI DAN KABUPATEN LAHAT

INI BERKAH DI BALIK LIMBAH RT BAGI SUHAIMI DAN KABUPATEN LAHAT

Author : Sudar

Lahat, LhL – Suhaimi Juhri (56), seorang lelaki tua yang terus berkreasi. Dengan usianya yang sudah menginjak kepala 5 ini, berarti sudah setengah abad lebih ia berupaya memenuhi kebutuhan hidup bagi keluarga kecilnya.

Dengan sedikit keterampilan yang dimilikinya Suhaimi memanfaatkan peluang usaha berupa pembuatan sangkek (Semacam alat tempat untuk membawa barang, red) yang di buatnya dari barang bekas, seperti cangkir plastik bekas minuman ringan jenis Ale-ale limbah rumah tangga.

Bahkan dalam sehari Suhaimi mampu memproduksi 2 kerajinan tangannya, dengan mengubah limbah barang bekas tersebut menjadi peluang usaha yang bernilai ekonomis. Para pembeli biasanya langsung mengambil hasil karya Suhaimi dikediamannya, sehingga ia mampu menopang beban ekonomi rumah tangganya.

Baca Juga  UNTUK MENANGGULANGI KEMISKINAN, BAPPEDA LAHAT GELAR WHORSHOP ANALISIS BELANJA PUBLIK

“Ya, rata rata hasil kerajinan tangan saya ini dijual dengan harga Rp. 25.000 sampai Rp 85.000 perbuah”, tutur dia.

Ditemui di sebuah kontrakan sederhana pada Selasa (20/12). , yang tepatnya di depan perumahan Citra. Suhaimi berharap, hendaknya semua orang perduli dengan limbah rumah tangga. Karena menurut pria paruh baya ini, dari limbah tersebut ada yang bisa membawa berkah tersendiri.

Baca Juga  BPKAD Lahat Bimbing Pengurus Aset Cara Pengelolaan Barang Milik Daerah

“Jika kita mau berfikir untuk mengelola (Inovatif, red) limbah tersebut, maka kita bisa menjadikannya sebuah karya yang bernilai jual tinggi,” ucapnya.

Dengan kegitan yang ia geluti ini, cerita Suhaimi, selain mendapat keuntungan. Setidaknya dirinya mampu sedikit membantu untuk menjaga kebersihan lingkungan di kawasan Kota Lahat.

“Memang tidak dipungkiri, kita bisa meraih untung dari mungut limbah ini. Tapi lebih penting lagi, tugas dinas Kebersihan Kota Lahat akan sedikit terbantu dengan apa yang saya lakukan,” pungkasnya.

Editor : UJANG, SP

Check Also

Hadiri Sidang PMH LPG Subsidi di PN Lahat, SBM Linggau MOR II Ditolak Hakim Tanpa Kuasa Dirut PT. Pertamina

Author : Ujang LAHAT, LhL – Sidang kedua gugatan Perbuatan Melawan Hukum (PMH) antara Yayasan …

SMM Panel

APK

Jasa SEO