Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / LINTAS SEKTORAL HARUS SALING BERSINERGI

LINTAS SEKTORAL HARUS SALING BERSINERGI

Author : Bens

LAHAT, LhL  – Sekretaris Daerah (Sekda) Lahat, H Nasrun Aswari SE MM didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), dr H Rasyidi Amri MT MKM menyebutkan, dalam menguatkan kebijakan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) agar supaya bersinergi, bukan hanya tugas Dinkes saja, termasuk didalamnya camat dan kepala puskesmas pun jajaran tentunya dengan sasaran masyarakat.

“Keutamaan kesehatan keluarga, peran camat sangat besar, kelompok masyarakat (KB, pertanian, sadar hukum) di maksimalkan, karena ini akan lebih permasalahan ini disosialisasikan,” katanya, Selasa (13/12).

Baca Juga  ASWARI AJAK SELURUH ELEMEN, MARI SAYANGI LAHAT...!

Hal ini, sambung dia, tentunya menyangkut pendataan tetap bersinergi, data sakit dan tidak sakit, kelompok binaan cukup banyak perlu dipublikasi dapat mencapai sasaran.

“Terutama sekali di petugas di puskesmas agar lebih mengoptimalkan, bahkan penambahan personil menjadi prioritas, disinilah letak sinergi, ada akses menuju sarana kesehatan menunjang bentuk masyarakat,” ungkap H Nasrun.

Ditambahkan H Rasyidi, perlunya pemetaan sarana prasarana (sarpras) kesehatan, sehingga letak sarana, warga dan jumlah penduduk saling menyatu, supaya keluarga berjalan sebagaimana mestinya.

“Berarti ini suatu hal, aparatur pemerintah untuk bersinergis program pendidikan dan kesehatan menjadi raport pemda secara nasional dan juga daerah, diantaranya, indeks kematian ibu dan bayi,” bebernya.

Baca Juga  TLOC JADI BAGIAN PELOPOR KESELAMATAN LALULINTAS

H Nasrun menyebutkan, Selalu memantau terhadap penyakit, pasung, kurang gizi, gondok, kanker, secepatnya diambil tindakan jangan sampai menjadi objek yang dipelitir, apabila menemui kendala, paling tidak ada fasilitas dalam tindakan pertama.

“Pun demikian terhadap penyakit tidak menular (PTM) seperti, diabetes militus (DM) dan hipertensi (darah tinggi, red) perlu menjadi pusat perhatian,” pungkasnya.

Editor : UJANG, SP

 

Check Also

Hadiri Sidang PMH LPG Subsidi di PN Lahat, SBM Linggau MOR II Ditolak Hakim Tanpa Kuasa Dirut PT. Pertamina

Author : Ujang LAHAT, LhL – Sidang kedua gugatan Perbuatan Melawan Hukum (PMH) antara Yayasan …

SMM Panel

APK

Jasa SEO