Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / BENDUNGAN SUNGAI SAM ROBOH, PULUHAN HEKTAR SAWAH PETANI PAGUN TERANCAM KEKERINGAN

BENDUNGAN SUNGAI SAM ROBOH, PULUHAN HEKTAR SAWAH PETANI PAGUN TERANCAM KEKERINGAN

PAGAR GUNUNG, LhL – Sejak memasuki musim penghujan beberapa waktu belakangan, maka otomatis semakin kuat juga arus sungai di beberapa wilayah dalam Kecamatan Pagar Gunung. Sehingga bisa mengakibatkan bencana alam, banjir, longsor dan yang lainnya.

Seperti yang telah terjadi di Sungai Sam, Desa Bandung Agung, Kecamatan Pagar Gunung. Akibat dari hujan lebat dan debit air yang begitu kuat, bisa menghancurkan bangunan irigasi dan bendungan yang selama ini sangat berguna bagi para masyarakat Bandung Agung.

Isyroni, Kepala Desa Bandung Agung membenarkan, bahwa irigasi ini hancur saat hujan deras kemarin, di tambah lagi hujan deras tadi malam sehingga bisa mengakibatkan bendongan hancur sehabis habisnya.

Baca Juga  3 RUMAH WARGA KOTA BARU LUDES TERBAKAR

“Bendungan ini tidak bisa digunakan lagi, yang pastinya perlu untuk perbaikan. Akibat bendungan ini hancur sekira 40 hektar sawah milik petani tidak bisa di ke lolah. Padahal saat ini para petani masih dalam proses pengerjaan sawah mereka. Bendungan ini untuk menyalurkan mata air ke sawah petani, karena sudah hancur petani tidak bisa mengelolah sawahnya”, jelasnya di bincangi lahathotline, Selasa (15/11).

Baca Juga  Dua Rumah di Pagar Agung Lahat Ludes Terbakar

Sementara itu kepala desa bersama masyarakat Desa Bandung Agung sudah mengusulkan meminta perbaikan kepada dinas P.U dan Dinas Penanggulangan Bencana Alam. Menurut dia, jika tidak segera diperbaiki, maka tiba musim panas nanti, sawah sawah itu akan mengalami kekeringan.

“Sudah kita usulkan,tinggal menunggu kapan perbaikan di lakukan, sebab ini sangatlah berguna sekali untuk para petani sawah. Irigasi bendungan ini harus di bangun dengan secepatnya, kasian dengan para petani pemilik sawah 40 hektar lebih ini”, pungkasnya.

Photo. : (Isyroni)
Naskah: (Man/Rian)

Check Also

Hadiri Undangan, Warga Lahat : Sosok Pemimpin Seperti Yulius Maulana yang Kami Inginkan

Author : NOPI LAHAT, LhL – Selama ini banyak masyarakat Kabupaten Lahat mengenal Yulius Maulana …

SMM Panel

APK

Jasa SEO