Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / 4 BULAN BLANKO TERSENDAT, 4000 WARGA BELUM MILIKI E-KTP

4 BULAN BLANKO TERSENDAT, 4000 WARGA BELUM MILIKI E-KTP

LAHAT, LhL  – Tersendatnya distribusi blanko Kartu Tanda Penduduk elektronik atau biasa disebut e-KTP, dari pusat menjadi penyebab lambannya proses pencetakan. Alahasil, meski belum rampung secara keseluruhan, di Kabupaten Lahat diperkirakan masih ada 4.000 warga yang belum memiliki KTP anyar tersebut.
Bupati Lahat, H Saifudin Aswari Rivai SE melalui Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil), Yohn Tito SH MM mengatakan, sejak 4 bulan terakhir blangko e-KTP tersendat. Padahal sudah banyak warga yang melakukan perekaman tingkat kecamatan maupun datang langsung ke Dukcapil. “Tinggal dikit lagi (yang belum cetak), begitu blanko sampai langsung kita cetak,” ujar Yohn, ditemui Selasa (15/11).
Yohn meminta, masyarakat yang telah merekam untuk dapat bersabar tanpa harus melakukan rekam ulang. Menurutnya, apa yang dialami warga hampir berlaku diseluruh Indonesia, artinya bukan hanya di Kabupaten Lahat saja. Padahal, Kemendagri telah memberikan surat edaran, jika blanko akan tersedia November ini. “Harusnya sudah sampai (blanko) dan sudah bisa kita cetak. Tapi nyatanya belum dikirim juga. Kami tidak tahu kendalanya dimana lagi. Bagi warga yang sudah rekam tidak perlu khawatir,” terangnya.
Ia menambahkan, hingga saat ini masih banyak warga Kabupaten Lahat yang belum ikut rekam e-KTP, yang mencapai angka 20 persen.
Menurutnya, Dukcapik dan perangkat desa telah mensosialolisasikan agar setiap warga dapat mengikuti perekaman data secara gratis. Meski Yhon mengaku memang perlu dilakukan jemput bola langsung turun ke warga, hanya saja pihak dukcapil mengalami keterbatasan anggaran untuk operasional. 
“Tidak harus (jemput bola), karena kalau warga mau datang ke tempat yang kami tentukan untuk rekam data sudah cukup membantu keterbatasan kami ini,” tukas Yohn Tito.
Photo/Naskah : (BENS)
Editor : (UJANG, SP)
Dikirim dari ponsel cerdas BlackBerry 10 saya dengan jaringan Telkomsel.
Baca Juga  SAKSIKAN PERTUNJUKAN DONGENG BERSAMA AWAM PRAKOSO VIA ZOOM

Check Also

Kompak, Semua RT/RW Talang Jawa Selatan Siap Perjuangan Yulius Maulana Jadi Bupati Lahat 2024

Author : Ujang LAHAT, LhL – Ingin mengenal lebih dekat sosok Yulius Maulana Calon Bupati …

SMM Panel

APK

Jasa SEO