Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Gumay Talang / UBI KAYU GAJAH, PERAWATAN MUDAH HASIL MELIMPAH

UBI KAYU GAJAH, PERAWATAN MUDAH HASIL MELIMPAH

GUMAY TALANG, LhL – Berbagai macam cara bisa dilakukan untuk bisa menambah penghasilan, namun tentunya tetap dalam batas koridor yang diperbolehkan, agar hasilnya pun halal untuk kebutuhan keluarga.

Hal ini inilah pula yang dilakukan oleh para petani khusus petani yang ada di pedesaan, seperti Iwan (45) tahun Warga Desa Tanjung Payang Kecematan Lahat, yang berprofesi sebagai karyawan di pom bensin yang ada di Simpang Bengkurat, selain bekerja di pom bensin dirinya juga memiliki kebon sawit yang lokasinya di pinggiran jalan menuju Desa Sugi waras Tiga Kecamatan Gumai Talang.

Iwan mengatakan, sembari menunggu pohon sawit besar hingga berbuah di lahan seluas satu hektar ini, dirinya menanami kebun tersebut dengan singkong, hal ini dilakukan karena kebun singkong masa panennya cepat, dalam enam bulan sudah dapat di panen, dalam satu hektar kebon singkong hasil panen yang di dapat di perkirakan kurang lebih sekitar 30 ton hingga 40 ton singkong yang dapat di panen.

Baca Juga  WARGA MUARA TANDI PERTANYAKAN PADAMNYA LAMPU JALAN

“Walaupun masih dalam tahap ujicoba, hasil panen yang didapat dari berkebon singkong cukup memuaskan, uang dari penjualan singkong tersebut dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,” terangnya.

Disisi lain, Turdianto (36) tahun asal transmigrasi Desa Lubuk Atung Kecamatan Pseksu Kikim Area, dirinya berinisiatif untuk menanam kebon singkong di lahan perkebunan miliknya, sebab setelah melihat hasil panen dari kebun yang di garapnya milik Iwan hasil panen yang didapat sangat memuaskan.

Baca Juga  JELANG HABIS MASA JABATAN, BUPATI DAN WABUP LAHAT SILATURAHMI DENGAN MASYARAKAT GUMAY TALANG

“Saya tergerak untuk menanam singkong di lahan milik saya, setelah melihat kebun milik pak Iwan yang pernah saya garap dan hasil panennya sangat memuaskan jadi saya berkeinginan besar untuk menyulap lahan kosong milik saya tersebut menjadi kebun singkong,” terangnya.

Apalagi Nanti, sambung Turdianto, jika ia memiliki lahan yang cukup luas dirinya ingin mengikuti jejak langkah Iwan. ”Nanti kalau saya sudah mempuyai lahan tanah yang cukup luas saya ingin seperti Iwan, menanam umbikayu gajah karena menanam umbikayu gajah ini tidak lah perlu bayak perawatan dan modal, tapi hasilnya cukuplah mejanjikan bagi petani seperti saya hususnya, ” beber Turdianto sambil menghamparkan umbikayu yang sudah digapleg.
Naskah / Photo : (Sonny)
Editor : (Yadi)

Check Also

Tanpa Identitas, Pemotor Ditemukan Bersimbah Darah di Jalan Lintas Lahat – Gumay Talang

Author : Ujang LAHAT, LhL – Beredar photo dan pesan audio di sejumlah WA Group, …

SMM Panel

APK

Jasa SEO