Home / Umum / INI KATA H. ASWARI SAAT KENALKAN LAHAT SEBAGAI NEGERI SEJUTA MEGALIT DAN INDAHNYA AIR TERJUN DILAHAT

INI KATA H. ASWARI SAAT KENALKAN LAHAT SEBAGAI NEGERI SEJUTA MEGALIT DAN INDAHNYA AIR TERJUN DILAHAT

PALEMBANG, LhL – Sumatera Selatan (Sumsel) khususnya Kabupaten Lahat ternyata memiliki ribuan situs megalit dan ratusan air terjun yang mempesona namun belum diketahui khalayak ramai. Ribuan situs megalit peninggalan zaman megalitikum dan air terjun ini tersebar di seluruh daerah yang berjuluk Bumi Seganti Setungguan. Bagaimana Pemerintah Kabupaten Lahat mengembangkan potensi wisata ini berikut  wawancara khusus oleh dikantor Redaksi Sindonews dengan Bupati Lahat H. Aswari Rivai, SE di. Jumat (9/9/2016).

2016-09-09_22-39-32

Lahat merupakan daerah yang banyak situs megalitnya bagaimana menurut anda?. Lahat memang banyak memiliki begitu banyak megalit yang umurnya sudah 2000-3000 tahun dan itu peninggalan budaya yang sudah sangat lama. Letaknya tersebar di seluruh Kabupaten Lahat. Dulu sewaktu Lahat itu belum ada pemekaran merupakan pusatnya megalit sekarang setelah dimekarkan Lahat dan Pagaralam merupakan tempatnya pusat megalit. Itu merupakan artefak Indonesia dan peninggalan yang memang harus dilestarikan. Itu memang miliknya Balai Konservasi yang ada di Provinsi Jambi, jadi kami memang hanya memiliki daerah tapi pengelolaan utama ada di balai konservasi tersebut. Namun pengamanan dan penjagaan pun itu dikembalikan di Pemerintah Kabupaten Lahat.

Apa situs megalit yang paling besar di Lahat? Banyak sekali ada Rumah Batu, si pahit lidah. Macam macam dia (megalit) itu seperti pantun misalnya menggendong anak nanti ada. Jadi ada orang yang sedang memangku gajah. Itu merupakan arca atau batu dengan ukuran besar. Ukurannya hampir sebesar rumah yang lokasinya tersebar di Kabupaten Lahat dan berdekatan. Itu umurnya memang sudah sangat tua, sekitar ribuan tahun yang lalu.

Baca Juga  LESTARIKAN BUDAYA LELUHUR, PEMKOT PAGARALAM GELAR TARI KEBAGH MASSAL

Apa upaya yang dilakukan Pemkab Lahat untuk mengembangkan situs-situs megalit tersebut?. Situs-situs megalit itu memang milik balai konservasi namun kita tetap menjaganya karena itu berada di Kabupaten Lahat. Tapi satu kesulitan kita karena jumlahnya yang sangat banyak tersebar di banyak tempat, jadi memang sudah ada yang kita amankan. Amankan dalam arti kita kasih pagar kita jadikan tempat kunjungan wisata dan sebagainya.

Apa ikon yang akan ditawarkan untuk memperkenalkan potensi situs megalit tersebut?. Saya ingin Lahat menjadi negeri sejuta megalit. Setelah itu kita juga memiliki begitu banyak  air terjun. Bayangkan dalam satu kabupaten kita memiliki sekitar 78-112 air terjun dan letaknya berdekatan satu sama lain. Berdekatan dengan pusat kota Lahat yang bisa dicapai hanya dalam 20 menit dan ini bisa dinikmati oleh banyak masyarakat. Hal ini yang ingin kita tawarkan ke wisatawan agar mau berkunjung melihat langsung apa yang ada di Lahat.

Lahat juga dikenal memiliki potensi sumber daya alam yang banyak bagaimana pendapat anda?. Lahat memang dikenal memiliki sumber mineral yang luar biasa seperti batu bara dan sebagian gas dan minyak. Tapi batu bara kita tidak hanya dijual dalam bentuk gelondongan tapi juga dalam bentuk tenaga listrik. Kita suruh pengusaha untuk membangun power plant. Saat ini sudah ada 2 x 156 megawatt PLTU yang beroperasi di Kabupaten Lahat dengan investasi kurang lebih Rp15-20 triliun. Selain itu sudah ada 2 x 136 megawatt panas bumi  dari tenaga uap, itu merupakan investasi yang luar biasa. Dan ada beberapa sungai yang begitu besar yang kita jadikan juga PLTU Micro Hidro.

Baca Juga  UKW MUARA ENIM USAI, 17 WARTAWAN DINYATAKAN BERKOMPETEN

Soal transportasi yang disediakan di Lahat untuk mengembangkan potensi tersebut? Transportasi menuju lahat memang ada beberapa alternatif bisa menggunakan pesawat dari Kota Palembang atau langsung dari Jakarta. Penerbangan dari Palembang ke Lahat memang butuh waktu 4 jam. Ada lagi alternatif melewati Kabupaten tetangga kita Lubuklinggau, dari Linggau ke Lahat hanya menempuh waktu 2 jam penerbangan. Alternatif lainnya lewat Bandara Atungbungsu di Pagaralam yang hanya menempuh waktu 20 menit ke Lahat.

Salah satu transportasi yang ekonomis untuk menuju Lahat adalah kereta api bagaimana menurut anda?. Memang benar ada jalur kereta api dari Palembang sampai ke Lubuklinggau yang melewati Lahat. Itu salah satu transportasi yang sangat ekonomis dibanding pesawat terbang jika ingin ke Lahat.

Bagaimana soal sarana dan prasarana yang disiapkan untuk penginapan di Lahat Selain hotel dan wisma nanti juga kita siapkan homestay untuk menginap para wisatawan yang ingin ke Lahat. “Karena penduduk kita sudah terbiasa untuk hal itu karena beberapa even nasional berupa kegiatan automotif seperti adventure juga sering digelar di Lahat. Kadang-kadang hotel dan wisma terbatas sehingga kita sediakan homestay”, ungkapnya.

Photo/Naskah : (TIM)

Editor                : (UJANG, SP)

Check Also

Pj Bupati Muba Saksikan Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2024

MUSI BANYUASIN, gemasriwijaya.net – Bertempat di lapangan apel Mapolres muba, pada hari ini Rabu (03/04/2024) …

SMM Panel

APK

Jasa SEO