Home / REGIONAL / EMPAT LAWANG / ALHAMDULILLAH, SEBANYAK 288 RUMAH WARGA AKAN DIBEDAH..!

ALHAMDULILLAH, SEBANYAK 288 RUMAH WARGA AKAN DIBEDAH..!

EMPATLAWANG – 288 kepala keluarga (KK) di Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang akan nikmati program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang lebih dikenal dengan program bedah rumah, setelah Tiga tahun lamanya dalam penantian menunggu program bedah rumah sejak diusulkan tahun 2012 silam.

Informasi didapat, untuk jumlah penerima program yang dirilis Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan dalam menyelesaikan masalah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) ini, diantaranya Kelurahan Jayaloka sebanyak 58 unit, Desa Lampar Baru sebanyak 49 unit, Desa Mekar Jaya 3A sebanyak 64 unit, Kelurahan Pasar sebanyak 57 unit dan Desa Sugiwaras sebanyak 60 unit.

Baca Juga  IRONIS!!! SEBAGAI KELUARGA KORBAN KEBAKARAN, ALEX MERASA PEMKAB EMPATLAWANG TIDAK MEMPERDULIKAN KELUARGANYA

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Pengairan, Syarkowi Rasyid melalui Kabid Cipta Karya, Anzar pada acara penyerahan buku tabungan BSPS di aula kantor Camat Tebing Tinggi, Rabu (7/9) mengatakan, tidak gampang mendapatkan bantuan bedah rumah yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas rumah dan pembangunan baru ini. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, diantaranya dilihat dari kualitas atap, lantai, dan dinding rumah, untuk dapat memenuhi syarat kesehatan, keselamatan, dan kenyamanan.

“Penerima program bedah rumah ini diusulkan sejak tahun 2012 lalu dan memang sudah memenuhi persyaratan sesuai dengan petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan petunjuk teknis (Juknis). Penerima juga bisa dibatalkan, contoh rumah yang tadinya lantai tanah atau papan, namun sekarang sudah dikeramik bisa dibatalkan,” terangnya.

Baca Juga  PEMKAB EMPATLAWANG BENTUK KAMPUNG KB

Sementara menurut staf ahli Setda Pemerintah Kabupaten Empat Lawang, Yusuf Sulaiman menerangkan, ada tiga kriteria, yakni rehab berat, sedang dan ringan. Lewat program ini, pemerintah berhasil memperbaiki sebanyak 288 unit rumah di lima desa dan kelurahan dalam wilayah Kecamatan Tebing Tinggi.

“Kita berharap dengan adanya program ini dapat membantu masyarakat yang taraf ekonominya rendah. Semoga dengan program tepat sasaran ini bisa bermanfaat, sehingga rumah layak huni,” pungkasnya.
Naskah/Photo : (Lef)
Editor : (Yadi)

Check Also

Mantan Wakil Bupati Empatlawang Dinobat Jadi Bangsawan dan Terima Lencana Kerajaan

Author : Ujang/Hen LAMPUNG, LhL – Mantan Wakil Bupati Empat Lawang dinobatkan sebagai bangsawan setelah …

SMM Panel

APK

Jasa SEO