Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Pagar Gunung / HASIL PANEN KOPI PETANI PAGAR GUNUNG TAHUN INI MENURUN

HASIL PANEN KOPI PETANI PAGAR GUNUNG TAHUN INI MENURUN

PAGAR GUNUNG, LhL – Setelah melalui masa panen, petani Kopi di Kecamatan Pagar Gunung, Kabupaten Lahat, sedikit dapat melegakan hati menjelang lebaran. Namun di musim panen kopi tahun ini banyak petani yang mengeluh dengan hasil panen yang menurun dari tahun sebelumnya, yang mana hasilnya cukup memuaskan bagi para petani.

IMG-20160701-00752

Menurut para petani itu, merosotnya hasil panen akibat terjadinya musim panas/kemarau selama ini, sehingga mengakibatkan gagal panen, Tidak hanya petani sawah yang mengalami gagal panen, tapi petani kopi juga merasakan kegagalan yang sama,

Baca Juga  PASTIKAN PRATA AMAN DI LARUT MALAM, IPTU HUSIN SAMBANGI LOKASI

Darman (36), seorang petani kopi Desa Merindu mengatakan, bahwa dulu waktu panen rata-rata menghasilkan  buah kopi 1 karung dalam sehari, Tapi kini dalam 1 hari keranjang. “Di musim panen tahun belakang saya tidak susah mencari buah kopi untuk di bawah pulang ke rumah, Biasanya kalau mulai panen dari jam 8 pagi bisa jam 2 siang sudah pulang, beda dengan sekarang berangkat jam 7 pagi tapi pulangnya jam 5 sore “, katanya, Jumat (1/7).

Dia juga menjelaskan, akibat dari kegagalan panen ini masih oleh di karnakan banyak kebun kopi para petani yang terbakar hingga nyaris habis total, Sehingga berkurangnya buah kopi para petani di Desa Merindu ini. “Di saat musim panas yang lalu banyak kejadian kebun kopi warga yang terbakar dan tidak tau dimana berasal api tersebut, Yang jelas 1 kebun yang terbakar bisa melambas ke kebun petani yang lainnya, Itulah yang membuat kurangnya buah kopi di musim panen tahun ini ” pungkasnya.

Baca Juga  IBU-IBU DI PAGUN IKUT ANTUSIAS MELIHAT ANAKNYA LOMBA MEWARNAI

Photo/Naskah : (MAN).

Check Also

BUPATI DAN WABUP SHOLAT JUM’AT BERSAMA MASYARAKAT DESA KARANG AGUNG

Author : Jang LAHAT, LhL – Usai menghadiri kegiatan silaturahmi di halaman Kantor Camat Pagar …

SMM Panel

APK

Jasa SEO