Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Pseksu / BANYAK POTENSI WISATA ALAMI DI KIKIM AREA

BANYAK POTENSI WISATA ALAMI DI KIKIM AREA

PSEKSU, LhL – Letak geografis Kabupaten Lahat memberikan makna dan berkah tersendiri, dimana kontur tanahya kebanyakan pegunungan dan perbukitan yang melahirkan banyaknya sungai di lereng bukit bukit tersebut, sungai tersebut mengalir di berbagai wilayah maupun desa, tak ayal daerah ini menyimpan berjuta pesona alam yang masih terjamin ke asriannya.

POTENSI ALAM

Salah satunya air terjun atau cughup yang terdapat di desa Batu Niding Kecamatan Pseksu ini, tak banyak masyarakat yang tahu bahwa di desa ini terdapat puluhan cughup salah satunya Cughup Sembilan Panggung yang terdapat di sungai Dake’an, ini lah nama yang diberikan masyarakat desa yang sebenarnya mempunyai 33 tingkat, nama ini di ambil dari cughup yang tingginya saja sebanyak sembilan yang mencapai ketinggian lebih dari 15 meter.

Baca Juga   CIPTAKAN RASA AMAN DAN NYAMAN, WARGA TALANG TINGGI ADAKAN JUMAT BERSIH

Hal ini dijelaskan oleh kepala desa Batu Niding Sarkoni, sebenarnya di desa ini banyak terdapat aset wisata alam yang masih alami namun sampai saat ini belum ada masyarakat luar desa yang tahu akan keberadaan cughup yang cantik ini. “Sekarang ini kami sedang berusaha untuk mengajukan proposal ke dinas terkait, karena ini merupakan aset  wisata yang masih terpendam di desa ini,” jelasnya.

Sarkoni menambahkan, desanya bisa menjadi desa wisata jika semua aset wisata yang terdapat di desanya bisa di kelola dengan baik seperti yang terdapat di kawasan Gumai Ulu. “Maka dari itu kami minta dukungan dari pemerintah Kabupaten untuk mengelola dan mempromosikan wisata yang terdapat di desa kami ini” ujarnya.

Baca Juga   Hadiri Pelantikan Pengurus NU, Cik Ujang : Jadilah Organisasi Yang Dekat dengan Masyarakat

Sarkoni berharap aset wisata yang terdapat di desanya ini bisa populer seperti Cughup Buluh ataupun Cughup Maung atau lebih dari itu. “Kami berharap agar pemerintah bisa membantu kami dalam mempromosikan ataupun supaya masyarakat bisa tahu bahwa di desa ini ada aset wisata yang sangat menarik dan pantas untuk besaing dengan wisata air terjun di wialayah lain,” pungkasnya.

 

Naskah / photo (Jackson)

Check Also

Wakili Sumsel, Syiffa Optimis Bisa Menjuarai Final Indonesia Look Pencarian Bakat Menuju Bintang 2023

# Siap Berlenggak Lenggok Pukau Juri di Jakarta Editor : RON PALEMBANG, LhL – Bikin …

SMM Panel

APK

Jasa SEO