Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Mulak Ulu / MENYEDIHKAN.. HAMA “KEPI” MENYERANG, PETANI MULAK ULU GAGAL PANEN

MENYEDIHKAN.. HAMA “KEPI” MENYERANG, PETANI MULAK ULU GAGAL PANEN

MULAK ULU, LhL – Sejumlah petani yang ada di Desa Datar Balam, Kecamatan Mulak Ulu, Kabupaten Lahat khsusnya, mulai mengeluhkan datangnya serangan hama “Kepi” hewan sejenis serangga kecil yang berbondong-bondong menghinggapi batang dan dahan padi di ratusan hektar sawah petani. Kondisi ini, membuat tanaman padi tidak dapat berbuah dengan sempurna, sehingga penghasilan petani pun terancam gagal panen.

IMG-20160621-00637

Ancaman kegagalan panen padi ini, disebabkan karena disaat buah padi mulai muncul. Bakal buiah padi tersebut digerogoti oleh Kepi, sehingga bakal buah padi dihisap dan dimakan oleh Kepi. Bahkan dahan dan batang padi pun ikut diserangnya. Dengan disedot dan dimakannya isi bakal buah padi ini, maka sudah dipastikan padi yang keluar akan ompong alias tidak ada isi yang dapat dijadikan beras.

Baca Juga  PULUHAN MOTOR DAN PEMILIK SAJAM DIAMANKAN

Menurut warga setempat, akibat serangan Kepi ini. Penghasilan buah padi di dimusim ini, jauh berbeda dengan musim sebelumnya, Jika sawah satu hektar yang sudah di rawat selama 4 bulan lebih hanya bisa mendapatkan hasil 15 karung buah padi. Padahal sebelumnya 1 hektar sawah bisa mencapai hasil 45 karung buah padi hasil panen.

Indri (36) petani padi sawah asal Desa Datar Balam yang mengalami kerugian di saat panen mengatakan, bahwa dirinya sangat kecewa dengan hasil panen padi kali ini, Semenjak timbulnya hewan kepi bisa mengakibatkan buah padinya berkurang di saat panen sudah di laksanakan. “Tidak seperti biasanya kami panen mengalami kerugian, Selama ini hasil panen kami bisa mencapai dengan hasil 46 karung buah padi, Tapi sekarang cuman hanya 21 karung buah padi” keluhnya.

Baca Juga  RASTRA TIBA DI MULAK ULU

Kepada dinas dari pemerintah daerah yang bersangkutan, ia berharap agar secepatnya melakukan tindakan. Bagaimana kedepannya nanti, supaya petani sawah tidak mengalami kegagalan seperti sekarang ini. “Saya minta kepada dinas pemerintah yang bersangkutan supaya bisa mengatasi serangan hewan Kepi ini. Bagaimana pula cara membasminya, setidaknya kami di beri bantuan berupa racun dan obat lain untuk membasmi hewan kepi ini. Jika semuanya sudah selesai, muda~mudahan kedepannya kami tidak mengalami kerugian lagi “, pesannya sembari berharap.
Photo/Naskah : (MAN)

Check Also

Usai Kondangan, Konvoi Kendaraan Rombongan Yulius Maulana Dicegat Warga

Author : NOPI MULAK ULU, LhL – Ada suatu hal yang mengejutkan dalam perjalanan pulang …

SMM Panel

APK

Jasa SEO