Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kikim Selatan / ASAL MULA TERBENTUKNYA DESA BERINGIN JAYA

ASAL MULA TERBENTUKNYA DESA BERINGIN JAYA

KIKIM SELATAN, LhL – Setiap desa mempunyai sejarah, dimana asal muasal terbentuknya suatu desa. Tak terkecuali Desa Beringin Jaya yang sebelumnya bernama Desa Beringin Umang.

IMG_20160612_124347
Tak banyak orang yang tahu tentang apa itu Desa Beringin Umang, sejarah terbentuknya desa ini adalah berawal dari tempat masyarakat Suka Merindu yang berkebun, yang kemudian membentuk sebuah “Talang (Sebuah pemukiman kecil tempat bedomisili para pekerbun, di dalam hutan, Red). Berhubung jarak antara kebun dan desa sangat jauh, jadi warga menginap sehingga terbentuklah disebuah talang tersebut..Lama kelamaan talang semakin banyak warga yang menghuninya. Dan pada tahun 1981, tempat ini menerima bantuan rumah sebanyak 350 unit, dan di bagikan kepada warga yang belum mempunyai tempat tinggal dan menetap disini.

Baca Juga  SALUUT...! DEMI PENGABDIAN, WALAU SEDANG HAMIL TETAP RELA TEMPUH JARAK PULUHAN KM

IMG_20160612_124321

Disejarahkan Umar Husien, salah seorang tokoh masyarakat yang dipercaya dan yang ikut andil dalam menguasahakan perumahan yang diberikan oleh pemerintah pusat.

Satu tahun kemudian, karena sudah banyak penduduk yang mayoritas pekebun. Talang itu kemudian menjadi sebuah desa defenitif, hingga berganti nama menjadi Desa Beringin Jaya, yang kemudian masuk dalam wilayah Kecamatan Kikim Selatan, dengan Kepala Desanya yang pertama yang di sebut Kerio  atau Ginde bernama Umar Husein yang sampai saat ini masih terkenang dan dijadikan panutan oleh masyarakat setempat.  

Kisah ini diungkapkan oleh Kepala Desa Beringin Jaya, Ibrahim, yang sekaligus merupakan putra dari Umar Husien. Melalui sejarah ini, setidaknya Ibrahim dapat mengenang begitu banyaknya sejarah terbentuknya Desa Beringin Jaya, yang ditorehkan oleh bapaknya.“Banyak sejarah yang ditorehkan ayahanda sejak pertama desa ini berdiri hingga akhir hayatnya, makanya masyarakat di desa ini sangat berterimakasih kepada ayah.” Beber Ibrahim, mengisahkan.  


Naskah / photo (sonny) 

Baca Juga  HINDARI KECELAKAAN, PERANGKAT DESA DAN KARANG TARUNA BANU AYU BERSIHKAN JALAN

Check Also

Sedang di Sawah, Rumah Warga Desa Nanjungan Kikim Selatan Ludes Terbakar

Athour : April KIKIM SELATAN, LhL – Satu unit rumah berkonstruksi kayu milik Karmila (52) …

SMM Panel

APK

Jasa SEO