Home / BERITA NASIONAL / Bengkulu / Festival Ayiak Manna tahun 2024 Sukses Digelar Dan Dipusatkan Dipantai Pasar Bawah

Festival Ayiak Manna tahun 2024 Sukses Digelar Dan Dipusatkan Dipantai Pasar Bawah

Author : YESY

BENGKULU SELATAN, LhL – Untuk memperkenalkan dan juga melestarikan kebudayaan dan warisan nenek moyang tempo dulu khususnya kebudayaan di Kabupaten Bengkulu Selatan, Hari ini Kegiatan Festival Budaya Ayiak Manna Tahun 2024 mulai dibuka. Senin 22/07/2024 di Pantai Pasar Bawah.

Acara Pembukaan Budaya Festival Ayiak Manna ini dihadiri oleh Guburnur Bengkulu yang diwakili oleh Kepala Dinas Provinsi Bengkulu, Bupati Bengkulu Selatan,Wakil Bupati BS, Sekda, Angota Perkopinda Kabupaten BS, Kapolres, Dandim, Ibu Ketua Persit, Ketua Tim Pengerak PKK, Para Camat, Kades, Tokoh Permudah dan Tokoh Agama.

Kabupaten Bengkulu Selatan banyak memiliki berbagai potensi,seperti yang telah diketahui banyak orang yaitu Pantai Pasar Bawah yang sangat bagus yang menawarkan pemandangan yang menenangkan dan juga dijadikan Masyrakat sekitar dalam beraktifitas dan lain – lain.

Baca Juga  MEREKA YANG TAK KENAL LELAH DI TMMD JURANGJERO

Selain keindahan alam kabupaten Bengkulu Selatan juga memiliki daya tarik sendiri yang sudah lama diwariskan turun menurun oleh nenek moyang diantaranya bermacam jenis masakan kulunir seperti Pendap yang mana makanan Pendap ini merupakan khas Bengkulu selatan yang dibalut dengan daun talas dan kue tart bahkan bagaran ikan hiyu yang dibuat dari sejenis ikan dengan campuran bumbu khas kabupaten Bengkulu Selatan itu sendiri.

“Pada festival Budaya ini akan di isi dengan pagelaran seni budaya khas Kabupaten Bengkulu Selatan, dimana penampilan pada acara ini pure adat istiadat tidak dicampur dengan kegiatan modern, hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memajukan kebudayaan yang ada.
Dan semoga dengan adanya kegiatan seperti Festival ini dapat mengingatkan masyarakat dan adik sanak tentang kebudayaan dan harus dikembangkan lebih maju lagi”, ungkap Rendra Febrianto,SS. M.Si selaku Kepala Dinas Parawisata Kabupaten Bengkulu Selatan.

Baca Juga  Membawa Semangat Hari NUusantara 2020 Menuju UMKM Hebat Berbasis Digital di Era Pandemi

Pada festival kali ini, ada bermacam kegiatan diantaranya, Bazar UMKM, Pembuatan Lemang Tapai dan Ikan Guasan, Tari Andun, Parade Batik Sekundang, Lomba Rakit Hias dan berbagai kegiatan lainnya.

“Yang pasti banyak kegiatan seni budaya yang ada di Bengkulu Selatan, karena memang tujuan kami dengan festival ini kami ingin mengangkat event-event yang ada di daerah Bengkulu Selatan supaya lebih dikenal masyarakat”, jelasnya. 

Rendra menambahkan, dengan pelaksanaan Festival ini orang semakin mengetahui kebudayaan yang ada di Bengkulu Selatan, sehingga akan menambah kunjungan wisatawan dan membuat ekonomi masyarakat bisa bertambah dengan digelarnya berbagai event. 

Editor : RON

Check Also

25 Anggota DPRD Bengkulu Selatan Periode 2024-2029 Resmi Dilantik

Author : YESY BENGKULU SELATAN, LhL – Sebanyak 25 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) …

SMM Panel

APK

Jasa SEO