Home / BERITA NASIONAL / Bengkulu / Pemdes Desa Banding Agung Pelatihan Kader Posyandu Tahun 2024

Pemdes Desa Banding Agung Pelatihan Kader Posyandu Tahun 2024

Author : YESY

BENGKULU SELATAN, LhL – Hari ini Desa Banding Agung Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan mengadakan tentang pelatihan terhadap kader posyandu, Jumat 07/06/2024

Posyandu merupakan perpanjangan tangan puskesmas yang memberikan pelayanan dan pemantauan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu. Kegiatan posyandu dilakukan oleh dan untuk masyarakat. Posyandu sebagai wadah peran serta masyarakat yang menyelenggarakan sistem pelayanan pemenuhan kebutuhan dasar, peningkatn kualitas manusia yang mana telah dapat/mampu meratakan pelayanan bidang kesehatan.

Kegiatan Posyandu merupakan kegiatan rutin setiap bulan yang bertujuan antara lain untuk memantau pertumbuhan berat badan balita dengan menggunakan Kartu Menuju Sehat (KMS), memberikan konseling gizi, serta memberikan pelayanan gizi dan kesehatan dasar, yang meliputi pelayanan imunisasi, pendidikan gizi masyarakat serta beberapa pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak.

Baca Juga  Dinkes Bengkulu Selatan Otimalkan dan Sukseskan Pembinaan Kapasitas Kader Posyandu

Sedangkan pengertian Kader kesehatan atau Posyandu, menurut Depkes RI (2003) adalah anggota masyarakat yang dipilih dari dan oleh masyarakat, mau dan mampu bekerja bersama dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan secara sukarela dan dilatih untuk menangani, masalah-masalah kesehatan perorangan maupun yang amat dekat dengan tempat-tempat pemberian pelayanan kesehatan.

Mengingat pentingnya peranan Kader Posyandu dalam kegiatan Posyandu maka pada hari ini Pemerintah Desa Banding Agung mengadakan Pelatihan Kader Posyandu Desa yang bertempat di Balai desa yang diikuti oleh seluruh kader posyandu dengan narasumber dari Puskesmas, Dinas Kesehatan Kabupaten Bs, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan . Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah dapat meningkatkan pengetahuan dan kapasitas tugas dan fungsi Kader Posyandu.

Baca Juga  Pemdes Tanjung Aur Adakan Pelatihan Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal

“Semoga kegiatan seperti ini nantinya dapat diterapkan dan dapat membantu masyarakat dalam mengatasi beberapa keluhan tentang kesehatan,semoga hal ini dapat berpengaruh positif dan dapat diterima oleh adik sanak sekalian khususnya desa banding agung”, ungkap Saharudin (Ang) selaku Kepala desa.

Editor : RON

Check Also

Gusnan Mulyadi Tekankan Pentingnya Imunisasi Polio Tahap 2 di Bengkulu Selatan

BENGKULU SELATAN, LhL – Berdasarkan instruksi Kementerian Kesehatan untuk melakukan vaksinasi polio secara serentak, maka …

SMM Panel

APK

Jasa SEO