Home / BERITA NASIONAL / Bengkulu / Posyandu Desa Gindo Suli Pentingkan Kesehatan Balita, Bumil dan Lansia

Posyandu Desa Gindo Suli Pentingkan Kesehatan Balita, Bumil dan Lansia

Author : YESY

BENGKULU SELATAN, LhL – Kegiatan posyandu balita adalah merupakan pelayanan kepada balita dan anak dengan melakukan penimbangan agar bisa dipantau pertumbuhan dan perkembangan balita dan anak. Manfaat posyandu balita ialah memberikan layanan kesehatan anak, imunisasi, pemberian makanan tambahan, dan penyuluhan tentang kesehatan. 

Hari ini, Rabu (15/5/24) kader-kader Posyandu balita yang langsung diketua’i oleh Ibu Depi Arti, istri Kepala Desa dari Pemerintah Desa Gindo Suli Kecamatan Bunga Mas Kabupaten Bengkulu Selatan melakukan kegiatan rutin bulanan bekerjasama dengan Tim Kesehatan dari Puskesmas Talang Randai yang dimulai dari jam 08:30 Wib sampai selesai.

Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Desa Gindo Suli, berjalan Lancar dan kondusif. Beberapa kegiatan yang dilakukan pada kegiatan posyandu balita ini antara lain Penimbangan balita dan anak, Ibu Hamil, dan beberapa Lansia.

Baca Juga  Infatruktur Dibangun Demi Kelancaran Perekonomian Warga Desa

Penimbangan balita dilakukan setiap bulan sekali secara rutin dikarnakan kegiatan seperti ini sangat berguna untuk mengetahui pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita dan beberapa jenis penyakit dan keluhan terhadap beberapa lansia, Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS, dari data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita, apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik pula. Selain itu juga untuk mencegah bayi yang mengalami stunting yang merupakan salah satu program nasional dan program pokok Kabupaten Bengkulu Selatan dalam Peningkatan Gizi.

Dengan adanya posyandu yang sasaran utamanya bayi dan balita, sangat tepat untuk meningkatkan gizi balita. Peningkatan gizi balita yang dilakukan oleh kader berupa memberikan penyuluhan tentang ASI, status gizi balita, MPASI, Imunisasi, Vitamin A, stimulasi tumbuh kembang anak, diare pada balita.

Baca Juga  TNI YANG AHLI BANGUNAN, DILIBATKAN SATGAS TMMD

Dalam pelaksanaannya, kegiatan yang dilakukan secara rutin seperti ini, selain mementingkan pemeriksaan kesehatan bagi anak – anak, ibu hamil juga lansia juga memberikan beberapa makanan dan minuman seperti Roti, Susu dan Telor.
Hal ini bertujuan supaya tingkat kesehatan selalu terjaga dengan baik.

“Dengan kegiatan seperti ini, semoga Kesehatan dan Gizi terhadap anak-anak, Ibu hamil, dan Lansia khususnya Masyrakat Gindo Suli dapat terus terpantau dan mendapatan pelayanan yang baik serta terus dalam keadaan sehat”, ungkap S. Harianto selaku Kepala Desa.

Editor : RON

Check Also

Pemdes Tanjung Agung Salurkan Bibit Jagung dan Padi melalui Program Dana Ketahanan Pangan

Author : YESY BENGKULU SELATAN, LhL – Pemerintah Desa Tanjung Agung melaksanakan penyaluran program ketahanan …

SMM Panel

APK

Jasa SEO