Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Suka Merindu / Pemdes Kapitan Titik Nol Jalan Usaha Tani Tahun 2024

Pemdes Kapitan Titik Nol Jalan Usaha Tani Tahun 2024

Author : Toni Ramadhani

SUKAMERINDU, LhL – Pemerintah Desa (Pemdes) Kapitan Kecamatan Sukamerindu Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan mulai realisasikan kegiatan fisik penggunaan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran (TA) 2024, yakni dengan melakukan Titik Nol pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT), Rabu (24/4/24).

Jalan usaha tani atau jalan pertanian merupakan prasarana transportasi pada kawasan pertanian (tanaman pangan, hortikultura, perkebunan rakyat dan peternakan).

Pj Kepala Desa Kapitan, Taufik Hartawan menjelaskan, Jalan Usaha Tani bertujuan untuk memperlancar mobilitas alat dan mesin pertanian, pengangkutan sarana produksi menuju lahan pertanian dan mengangkut hasil produk pertanian.

Baca Juga  HD Bersama Bupati Lahat Bersilaturahmi dengan Masyarakat Kecamatan Pajar Bulan

“Pembangunan Jalan Usaha Tani ini bertujuan untuk memperlancar mobilitas alat dan mesin pertanian, pengangkutan sarana produksi menuju lahan pertanian dan mengangkut hasil produk pertanian dari lahan menuju tempat penyimpanan, tempat pengolahan, atau pasar.” Ujarnya.

“Pemdes Kapitan melaksanakan titik nol dengan pembangunan Jalan Usaha Tani dengan Volume panjang (JUT) tersebut yaitu 250 meter. Adapun anggaran yang disediakan yakni Rp.259.068.000,- yang bersumber dari Dana Desa 2024. Pembangunan (JUT) akan segera dikerjakan, dengan mutu kualitas ketahanan 10 tahun.” Terangnya.

Baca Juga  Massa Desak Kejati Usut Dana Pencegahan Karhutla, Panggil Kepala Dinas LHP Sumsel

Jalan usaha tani (JUT) ini akan melintasi sawah dan kebun kopi yang merupakan sentra produksi pangan.

“Sesuai dengan kesepakatan yang dilahirkan dalam Musyawarah Desa (Musdes) penyampaian usulan pembangunan bersama BPD dan tokoh masyarakat.” Tambahnya.

“Tahun ini ada beberapa kegiatan fisik yang menjadi prioritas. Yaitu pembangunan JUT, pembangunan gapura / tugu desa dan halte. Mudah-mudahan semua kegiatan kita tahun ini bisa selesai dengan baik,” pungkasnya.

Editor : RON

Check Also

Babak Penyisihan Cabang Tilawah Golongan Tartil peserta Sangat Antusias

# Sabtu, Beberapa Cabang MTQ ke XXX di Muba Mulai Diperlombakan MUBA, LhL – Setelah …

SMM Panel

APK

Jasa SEO