Home / LAHAT METROPOLIS / Kajari Lahat Diminta Usut Dugaan Nepotisme Pengelolaan Kebersihan RSUD dan PJ. Bupati Didesak Lahat Copot Direktur RSUD Lahat

Kajari Lahat Diminta Usut Dugaan Nepotisme Pengelolaan Kebersihan RSUD dan PJ. Bupati Didesak Lahat Copot Direktur RSUD Lahat

Author : Ujang

LAHAT, LhL – Pj. Bupati Lahat, Muhammad Farid, S.STP.M.Si diminta segera melakukan evaluasi dan pencopotan terhadap Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lahat, dr.H.Erlinda,M. Kes, yang dinilai tidak mampu memberikan pelayanan publik yang sesuai standar.

Permintaan tersebut buntut dari temuan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Lahat Raya terhadap toilet publik yang ada di rumah sakit merupakan salah satu fasilitas yang sangat penting dan harus memenuhi standar kebersihan, kenyamanan, dan aksesibilitas. Toilet rumah sakit setidaknya harus tersedia untuk dua kategori yaitu toilet umum dan toilet aksesibilitas. Keduanya harus memenuhi beberapa persyaratan agar bisa dikatakan layak dan memenuhi standar, ujar Sanderson Syafe’i, SH, Rabu (23/1).

Sanderson meragukan RSUD Lahat berhasil meraih penghargaan Unit Pemeliharaan Pelayanan Publik Kategori Sangat Baik Tahun 2023 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia yang diterima Jumat (15/12/23) karena berbanding terbalik dengan fakta lapangan, tegaskan.

Baca Juga   Forkopimcam Mulak Sebingkai Monev Pembangunan di 4 Desa

Persyaratan Toilet Rumah Sakit diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Persyaratan Teknis Bangunan dan Prasarana Rumah Sakit dan juga diatur dalam Permenkes No. 7 Tahun 2019 tentang Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit jadi Direktur RSUD selaku Aparatur Sipil Negara (ASN) harus menjalankan ketentuan peraturan perundang-undangan tersebut, tambah Sanderson.

“Aneh memang jika Ibu Direktur ini tau kondisi ini karena sudah berlangsung lama, itu cuma sebagian kecil yang kita inspeksi mendadak (sidak). Semestinya sebagai seorang pelayan publik Direktur RSUD harus sering turun memastikan standar pelayanan publik berjalan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan”, tegas pengacara muda ini.

Baca Juga   Bupati Lahat Buka Sosialisasi Pencegahan Kasus Pertanahan Tahun Anggaran 2021

“Kita sedang menelusuri keberadaan informasi yang masuk ke YLKI Lahat tentang dugaan pengelolaan kebersihan dilakukan oleh orang dekat Direktur RSUD Lahat, jika benar berarti itu memenuhi unsur Nepotisme dan kita sudah berkoordinasi dengan pihak kejaksaan negeri Lahat”, tandasnya.

Sementara Direktur RSUD Lahat, dr.H.Erlinda,M. Kes, saat dikirim video temuan YLKI Lahat menjawab, “Terimakasih pak sanderson… akan kami tindaklanjuti dan dua emoji maaf”, dalam pesan WhatsApp nya.

Saat diminta tanggapannya terkait penghargaan yang diterima dan fakta dilapangan berbeda, Direktur RSUD bungkam hanya membaca hingga berita ini disiarkan.

Terpisah Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lahat, Chandra SH, mengungkapkan, “Terimo kasih, lanjut kadang harus keras mengingatkan agar terasa efek perubahanya”, ungkapnya.

Editor : RON

Check Also

Tak Perlu Apa-apa, Kami Siap Dukung Yulius Maulana Jadi Bupati Lahat

Author : Ujang LAHAT, LhL – Dukungan terhadap Yulius Maulana, ST yang digadang-gadang akan maju …

SMM Panel

APK

Jasa SEO