Home / BERITA NASIONAL / Bengkulu / Pemdes Talang Indah Lakukan Rembuk Stunting Antisipasi Warga Terhadap Ancaman Penyakit

Pemdes Talang Indah Lakukan Rembuk Stunting Antisipasi Warga Terhadap Ancaman Penyakit

Author : YESY

BENGKULU SELATAN , LhL – Peduli terhadap kesehatan warga dan masyrakatnya, pemdes Talang indah antisipasi terhadap penyakit yang menyebabkan kesehatan dapat tergangu,maka Pemerintah Desa Talang Indah Kecamatan Bunga Mas, Kabupaten Bengkulu Selatan, melakukan Rembuk Stunting di Balai desa setempat, Rabo (14/06/2023) yang dimulai dari jam 09:30 sampai selesai.

Rembuk stunting di hadiri pihak Kecamatan, Danramil, Kapolsek, pihak Puskesmas, pendamping desa, Ketua BPD, para Kader serta seluruh perangkat desa dan masyarakat.

Acara dibuka langsung oleh perwakilan dari pemerintah desa yang diwakili oleh Lika Puspita Sari s,PD,i dikarnakan kepala desa dalam keadaan sakit(Kurang enak badan).
Sesuai dengan apa yang diamanatkan kades,berharap kepada seluruh masyarakat desa terkhusus untuk para kader agar bisa mengusulkan dan membacakan apa saja yang telah diraih ditahun 2023 dan boleh mengusulkan apa saja yang dapat diusulkan dalam mencegah dan mengatasi supaya masyarakat dapat terhindar dari hal yg tidak diinginkan terutama terhadap bahaya stunting.
Dalam arahanya juga berpesan bahwa kegiatan ini sangatlah penting,terutama mengantisipasi anak-anak agar tidak terkena gizi buruk ataupun cacat pisik.

Baca Juga  WARGA JUGA DAPAT PENGOBATAN GRATIS DI TMMD KODIM BLORA

Amrizal perwakilan dari pihak Kapolsek,sangat mendukung dan bakal berusaha mendampingi dan mengawasi dalam kegiatan yang menyangkut hal-hal yang masuk kegiatan stunting ini,sekali lagi beliau berkata tetap mendukung kegiatan ini.

Begitupun juga menurut S Priyono selaku babinsa, dikarnakan stunting ini merupakan program unggulan pemerintah yang sudah dua tahun berjalan,maka jangan main-main dengan program tersebut.
Mari bekerja sama dan bertanggung jawab untuk sukseskan kegiatan ini,supaya tidak ada lagi anak-anak yang kurang gizi atau mengalami gizi buruk dan sebagainya untuk kedepan dan seterusnya.

“Untuk itu, kepada para seluruh pihak yang terlibat agar ikut bertanggungjawab mencegah ancaman terhadap stunting ini mari kita berkerja sama. Nanti silahkan di usulkan apa saja yang dibutuhkan terkait dengan pencegahannya,” ujarnya.

Sementara itu, Kasi Pemerintahan Kecamatan atas nama camat juga merespon baik kegiatan rembuk stunting. Ini merupakan program pemerintah pusat yang di implementasikan pemerintah desa dengan melibatkan Puskesmas serta seluruh pihak terkait.

“Kalau bisa tidak ada anak yang masuk kedalam stunting di Kecamatan Bunga Mas ini. Silahkan lakukan rembukan yang nanti menghasilkan usulan tentang kebutuhan dalam pencegahan dini tergadap stunting,” tandasnya.

Baca Juga  Yudhistira Bamsoet ikut Rapat Terbatas di SMSI Pusat Bahas Komunitas Milenial dan Crypto

Usulan dalam rembuk stuting:

*Makanan Tambahan.
*Pelatihan KpM.
*Sarana pra sarana kader.
*Tikar Stunting.
*Timbangan Bayi.
*Seragam Kader.
*Pembangunan WC dan Sumur.
*Pembersihan dan pembangunan Siring pasang.
*Sarana dan prasarana karang taruna.
*Pengadaan iqra/sarana prasarana TPQ.
*Kegiatan 17.
*Pelatihan dan kepengurusan jenasah.
*Makanan Tambahan Lansia.

Usai memasukan dan sepakat atas seluruh usulan warga terhadap rembuk stunting,pihak pemdes dalam musyawarapun langsung membahas tentang pembongkaran bangunan yang berupa WC dan sumur,yang mana menurut Suhadi selaku ketua BPD , Ke-Dua bangunan tersebut sudah ditanya kepada seluruh kades sebelumnya.saat ditanya beberapa kades tersebut mengatakan tidak mengetahui dari mana unsurnya. Maka dalam kesempatan ini pun pihak pemdes dan masyarakat yang hadir pun sepakat agar bangunan- bangunan yang tidak bisa dimanfaatkan lagi itu diganti dengan bangunan paud yang mana bakal berguna untuk keperluan anak cucu khususnya masyarakat talang indah.

Editor : RON

Check Also

Pemdes Tanjung Agung Salurkan Bibit Jagung dan Padi melalui Program Dana Ketahanan Pangan

Author : YESY BENGKULU SELATAN, LhL – Pemerintah Desa Tanjung Agung melaksanakan penyaluran program ketahanan …

SMM Panel

APK

Jasa SEO