Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / H. HARYANTO SECARA RESMI BUKA APEL SIAGA SENSUS PERTANIAN TAHUN 2023

H. HARYANTO SECARA RESMI BUKA APEL SIAGA SENSUS PERTANIAN TAHUN 2023

Author : Ganda Coy

LAHAT, LhL – Bertempat di Gedung Pertemuan Kabupaten Lahat diadakannya, Apel siaga sensus pertanian tahun 2023 oleh Badan Pusat Statistik dengan mengusung tema “Mencatat Pertanian Indonesia untuk kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani” Selasa (30/5/2023).

Kegiatan Dihadiri Wakil Bupati Lahat H. Haryanto, SE, MM, Dandim 0405 Lahat Letkol Infantri Toni Oki Priyono, S.I.P, Kapolres Lahat AKBP S Kunto Hartono, S.I.K, MT, Kajari Lahat Gunawan Purnomo, SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri Lahat Renaldo Meiji Hasoloan Tobing, SH, MH, Kepala BPS Kabupaten Lahat M.Deddy SST. M.Si, segenap jajaran OPD, seluruh Camat, dan undangan lainnya.

Dalam laporan Kepala BPS Kabupaten Lahat M.Dedy menyampaikan, sensus Pertanian 2023 mencakup 7 subsektor yang akan didata yaitu subsektor Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, Perikanan, Peternakan, Kehutanan, dan Jasa Pertanian. Total petugas Sensus Pertanian 2023 sebanyak 141 petugas dengan rincian 344 petugas pencacah lapangan, 58 petugas pemeriksa lapangan, dan 12 koseka.

Baca Juga  Covid-19 di Lahat : 22 Juni 2021

“Hasil dari Sensus Pertanian 2023 ini dapat memberikan gambaran secara komprehensif terkait kondisi Pertanian di Indonesia hingga wilayah terkecil. Selain itu dapat digunakan sebagai rujukan dalam penyusunan kebijakan strategis, dirinya juga mengucapkan Terima kasih atas dukungan Pemerintah Kabupaten Lahat dan OPD terkait yang telah mendukung pelaksanaan Sensus Pertanian 2023 yang akan dilaksanakan mulai 1 Juni hingga 31 Juli 2023 mendatang,” ujarnya.

Wakil Bupati Lahat mengatakan, pelaksanaan Sensus Pertanian 2023 bertujuan untuk menyediakan data Struktur Pertanian terutama untuk unit-unit administrasi terkecil. Selain itu hasil ST2023 juga dapat digunakan sebagai tolak ukur Statistik Pertanian saat ini serta menyediakan kerangka sampel untuk survei Pertanian lanjutan.

Baca Juga  Pasangan Suami Istri di Desa Pulau Panggung Akan Bertarung Jadi Kades

“Sehubungan dengan hal tersebut, diintruksikan kepada Seluruh OPD Terkait untuk mendukung penuh dan berkolaborasi pada kegiatan Sensus Pertanian 2023 yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lahat baik pada pralapangan, pelaksanaan lapangan maupun bisa mencakup seluruh petani dan mendapatkan data sesuai dengan SOP serta konsep definisi yang telah diatur dalam pendataan ST2023, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim Apel siaga sensus pertanian 2023 secara resmi saya nyatakan dibuka”, Pungkasnya.

Editor : Ron

Check Also

LIHAT VIDEONYA : Harapkan Perubahan, Masyarakat di 11 Kecamatan Telah Deklrasikan Dukung YM

Author : Ujang LAHAT, LhL – Agak lain, memang. Kalau selama ini elemen masyarakat Kabupaten …

SMM Panel

APK

Jasa SEO