Home / EKONOMI / Modal Kolam Terpal, Kades Wanaraya Berhasil Budidayakan Ikan Lele

Modal Kolam Terpal, Kades Wanaraya Berhasil Budidayakan Ikan Lele

Author : April

KIKIM BARAT, LhL – Realisasi program ketahanan pangan yang diprioritaskan pemerintah dalam Dana Desa (DD) tahun 2022 diimplementasikan Pemerintah Desa (Pemdes) Wanaraya Kecamatan Kikim Barat, Kabupaten Lahat.

Pasalnya, Pemdes Wanaraya kembangkan budidaya ikan lele dengan media kolam terpal. Dimulainya pengembangan budidaya kolam terpal pada Anggara Dana Desa Tahun 2022.

Kepala Desa Wanaraya Warsanto menuturkan, untuk pengembangan Budidaya Ikan Lele dengan Media Kolam Terpal ini, panu anggarannya diambil dari Dana Desa Ketahanan Pangan pada Tahun Anggaran 2022, dengan berkerjasama dengan pihak ketiga yakni CV. Fhrajun Farm Group.

Baca Juga  Bacalek Muda Kiky Sebagio dari Partai Demokrat Gelorakan Samangat Kemerdekaan

“Bibit ikan lele yang dilepas sebanyak 10.000 ribu ekor dengan ketersediaan Kolam Terpal sebanyak 10 buah, dan alhamdulillah tahun lalu sudah menghasilkan serta masyarakat dapat menikmatinya. Untuk pengurus masih dari Pemdes Wanaraya belum dibentuk kelompok”, terang dia, Sabtu (1/4/2023).

Kades menambahkan, tujuan dari program ketahanan pangan ini memang arahan langsung dari Presiden RI, Ir Joko Widodo, bahwa desa-desa harus menjalankannya dalam bentuk kemandirian yang telah tersedia. Terutama memiliki kemandirian untuk penyediaan pangan, dalam hal ini melihat potensi desa.

Baca Juga  Bupati Bersama Sekda Lahat Sholat Jumat di Desa Lebak Budi Kecamatan Merapi Barat

“Kami programkan ikan lele, karena cukup memiliki sumber air yang banyak, dimana, beberapa unit sumur bor yang Insyaa Allah mengaliri untuk pengisian dari pada kolam ini, itu datangnya dari sumur bor desa”, tutup warsanto.

Editor : Ron

Check Also

Eratkan Silahturahmi, Calon Bupati Lahat Yulius Maulana Bukber Tokoh Masyarakat Perumnas Tiara

Author : Ujang LAHAT, LhL – Pada Rabu (27/3/24) sore, bertempat di kediaman Marwan Aldiansyah, …

SMM Panel

APK

Jasa SEO