Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kikim Selatan / Dana Sendiri, Kades Pagar Jati Normalisasi Sungai Lingsing

Dana Sendiri, Kades Pagar Jati Normalisasi Sungai Lingsing

Author : Aprli

KIKIM SELATAN, LhL – Sejumlah hal menjadi evaluasi bagi Desa Pagar Jati , Kecamatan Kikim Selatan , Kabupaten Lahat pasca-terjadinya banjir pada Minggu kemaren . Beberapa hal tersebut juga dinilai berhubungan dengan upaya me-recovery dan mengantisipasi agar dampak yang kemungkinan muncul akibat bencana dapat diminimalkan

Kepala Desa Pagar Jati Asdi mengatakan, banjir yang terjadi di desanya berasal dari aliran sungai Lingsing,Kondisi sungai yang sudah cukup dangkal dinilai menjadi salah satu hal yang menyebabkan naiknya debit air sungai sampai meluap dan menggenangi rumah warga.

Baca Juga  Polres Lahat Adakan Pelatihan Coaching Klinic Fungsi Identifikasi

“Jadi, ya agar banjir nggak jadi langganan, harapannya ada pengerukan sungai atau normalisasi yang maksimal. Yang cukup lama, bukan sebentar-sebenar lalu pergi, jadi kurang maksimal,” ucapnya

Selain itu, setelah dilakukan normalisasi, dirinya berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat memberikan bantuan berupa pembangunan dinding penahan atau pemasangan kawat bronjong di kawasan pinggir sungai.

“Ya itu, selain normalisasi, harapannya ada pemasangan bronjong dan dinding penahan air,” ucap Asdi

Baca Juga  Bupati Bersama DPRD, Sepakati Laporan Pertagungjawaban APBD 2020 dan Raperda Kawasan Tanpa Rokok

Akibat bencana tersebut, Asdi menjelaskan setidaknya kurang lebih 30 rumah warga desanya yang terdampak. Bahkan 1 rumah mengalami kerusakan hingga ada yang tak bisa ditinggali untuk sementara waktu.

“Untuk itu saya selaku kades berinisiatif menyewa Alat berat agar normalisasi sungai berjalan dengan Cepat, dan sekarang ini perkerjaan Normalisasi sungai lingsing di di Desa Pagar Jati Sudah hampir 50 persen”, pangkasnya.

Check Also

PT. Pertamina (Persero) Digugat PMH di PN Oleh YLKI Lahat Buntut Pembiaran Agen LPG Subsidi Nakal

Author : Ujang LAHAT, LhL – Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Lahat Raya, Sanderson …

SMM Panel

APK

Jasa SEO