Home / PEMPROV SUMSEL / Jelang Kemarau, Sekda Sumsel Interuksikan Sinergi Pentahelix dan Penganggulangan Bencana

Jelang Kemarau, Sekda Sumsel Interuksikan Sinergi Pentahelix dan Penganggulangan Bencana

Author : Elan. A

PALEMBANG, LhL – Menjelang musim kemarau tiba, terdapat banyak wilayah yang harus dimitigasi. Selain itu pula perlu dilakukan tindakan preventif, minimal mengetahui karakteristik wilayah.

Oleh sebab itu, Sekda Sumsel SA Supriono menginstruksikan kepada semua pihak melakukan sinergi pentahelix penanggulangan bencana.

Hal ini diungkapkan Supriono saat membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Penanggulangan Bencana (PB) tahun 2023 dengan tema Penguatan Resilensi Berkelanjutan Dalam Menghadapi Bencana di Sumsel, bertempat di hotel Novotel, Rabu (8/3/23) pagi.

“Sinergi pentahelix yang melibatkan semua pihak harus dilakukan. Penanggulangan bencana tidak bisa hanya dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) provinsi saja. Jika semua elemen bersatu padu maka bencana dapat ditanggulangi dengan cepat”, kata Supriono.

Baca Juga  HD Hadiri Penutupan Festival Palembang Darussalam

Terlebih lagi berdasarkan perkiraan BMKG, pada tahun 2023 ini akan berlangsung musim kemarau kering menjelang musim kemarau 5 tahunan dan 10 tahunan di mana rawan terjadi kebakaran (rumah) dan kebakaran hutan dan lahan (karhutlah).

Menurutnya di Sumsel terbagi atas 3 kabupaten yang potensi kebakaran hutannya sangat besar yaitu kabupaten OKI, Banyuasin, dan Musi Banyuasin. Sedangkan daerah rawan banjir adalah Muratara, Lahat, Pagaralam, dan Palembang.

Baca Juga  GUBERNUR ALEX NOERDIN DENGARKAN LAPORAN LIMA KOMISI DPRD SUMSEL

Sementara Kepala BPBD Sumsel Iriansyah mengatakan Sumsel merupakan salah satu wilayah yang rawan bencana, seperti banjir bandang, angin puting beliung, kebakaran, dan karhutlah. Bencana tak dapat dielakkan begitu saja, dan harus diupayakan salah satunya dengan pencegahan dan kesiapsiagaan bencana.

Oleh sebab itu, pihaknya menyelenggarakan Rakorda PB tahun 2023 yang bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan, tantangan sekaligus menyusun perumusan rencana aksi. Iriansyah menyebutkan pihaknya terus berupaya memberikan informasi tentang pencegahan bencana kepada anak didik mulai tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Editor : RON

Check Also

Safari Jum’at Pj Gubernur Sumsel Fatoni di Masjid Nur Iman Ario Kemuning Palembang

Author : Elan A PALEMBANG, LhL – Melanjutkan safari shalat Jum’at yang dilaksanakan oleh Penjabat …

SMM Panel

APK

Jasa SEO