Home / REGIONAL / MUARA ENIM / Kurniawan : Proyek PLTU Sumsel 1 Berjalan Lancar, Tenaga Kerja Lokal Terserap
SERAP : Bupati Muara Enim minta perusahaan utamakan tenaga kerja lokal. Foto : By Beben

Kurniawan : Proyek PLTU Sumsel 1 Berjalan Lancar, Tenaga Kerja Lokal Terserap

Author : Beben/Evri

MUARA ENIM, LhL – Pejabat Bupati Muara Enim, Kurniawan, AP, M. Si memastikan proyek strategis nasional Pembangkit Listrik Tenaga Uap ( PLTU ) Sumsel 1 berjalan dengan lancar serta dapat menyerap tenaga kerja lokal, Kamis ( 4/8/22 ).

Dalam Kunjungan Kerja (Kunker) ke PLTU Sumsel 1 di Desa Tanjung Menang, Kecamatan Rambang Niru, Pejabat Bupati Muara Enim Kurniawan diterima oleh para kontraktor proyek, yaitu Manajer Administrasi PT. Shenhua Guohua Lion Power Indonesia (SGLPI), Wang Yabin dan Manajer PT. Shandong Electric Power Engineering Consulting Institute Corp., Ltd. (SDEPCI), Yang Guo Shuai.

“Pemkab Muara Enim akan mendukung kelancaran pembangunan PLTU, dan tentunya berharap perusahaan kontraktor tetap berkomitmen menyerap tenaga kerja lokal”, kata dia didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ir. Kurmin, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Siti Herawati, SH dan Camat Rambang Niru, Fredy Febriansyah, S. STP, M. Si.

Baca Juga  PEMKAB MUARAENIM MENGGELAR ACARA HARI KARTINI

Kemudian Kurniawan menyampaikan, bahwa sebagai kepala daerah dirinya menjamin terciptanya iklim investasi yang baik di Kabupaten Muara Enim, tidak hanya memberikan kenyamanan bagi penanam modal dalam negeri melainkan juga bagi penanam modal asing.

“Oleh saya berharap kedua perusahaan kontraktor, termasuk PT. Guangdong Power Energy Co., Ltd. (GPEC) sebagai subkontraktor yang menaungi para buruh di proyek PLTU berkapasitas 2×350 megawatt yang rencananya rampung pada 2024 tersebut, dapat terbuka kepada Pemerintah Daerah dengan menjalin komunikasi yang baik, terutama jika terdapat permasalahan sehingga dapat diselesaikan bersama”, sebut Bupati.

Baca Juga  MELALUI RAKOR INGIN WUJUDKAN MUARA ENIM "SMAS"

Selain itu, Pj. Bupati juga menyoroti penyerapan tenaga kerja lokal yang menurutnya harus diutamakan, terlebih untuk tenaga kerja tanpa keahlian khusus (nonskill) agar berasal dari masyarakat sekitar perusahaan.

“Sedangkan untuk tenaga kerja yang memerlukan keahlian khusus (skilled jobs) masih diperbolehkan berasal dari luar, tetapi harus memberikan transfer ilmu atau pembibitan bagi tenaga kerja lokal”, tegasnya.

Sementara itu, Manajer Administrasi PT. SGLPI mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan dukungan Pj. Bupati. Dirinya memastikan akan terus menjalin komunikasi yang baik dengan Pemerintah Daerah.

“Kita akan mengupayakan penyerapan tenaga kerja lokal, khususnya bagi masyarakat sekitar”, tutupnya.

Editor : RON

Check Also

Warga Rambai Kaca Sukamerindu Tanam Pohon Pisang sebagai Aksi Protes Jalan Rusak

Author : Toni Ramadhani SUKAMERINDU, LhL – Sebuah pohon pisang ditanam di tengah ruas jalan …

SMM Panel

APK

Jasa SEO