Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kikim Timur / Tepati Janji, Pemkab Lahat Bangun 30 Rumah Relokasi Korban Banjir Gunung Kembang
Foto April : Bupati Lahat Cik Ujang SH, Saat Meletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Korban Banjir Bandeng

Tepati Janji, Pemkab Lahat Bangun 30 Rumah Relokasi Korban Banjir Gunung Kembang

Author : April

KIKIM TIMUR, LhL – Setidaknya ada 30 warga Desa Gunung Kembang, Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat yang menjadi korban banjir bandang pada tahun 2020 silam, kini bisa bernafas lega, Pasalnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PRKPP), merealisasikan rumah layak huni berikut dengan sarana prasarana (Sapras).

Demikian diutarakan, Bupati Lahat, Cik Ujang SH didampingi Kepala Dinas PRKPP, Limra Naufan ST MT. Menurut dia, relokasi warga desa yang menjadi korban banjir bandang tersebut, memang mereka yang mau pindah.

“Memang, kawasan Desa Gunung Kembang, Kecamatan Kikim Timur, berada persis di pinggir bantaran Sungai Kikim, sehingga rawan banjir setiap hujan turun dengan lebat,” ucapnya, Senin (25/7/2022).

Dirinya menambahkan, untuk ukuran rumahnya sendiri tipe 36 atau luas bangunan 6×6 meter persegi, luas tanah 10×10 meter persegi, dengan pondasi batu kali, dinding batu bata merah, atap multi roof dengan rangka baja ringan, memiliki dua kamar tidur.

Baca Juga   Bupati Lahat Lantik Kades Terpilih Serentak 2021

“Nah, di lokasi yang baru ini sangat jauh terkena banjir bandang. Dan pemukiman warga yang lama harus diserahkan kepada Pemerintah Desa (Pemdes),” papar Cik Ujang.

Limra Naufan menerangkan, lahan seluas lebih kurang 1 hektar (Ha) ini, akan dibangun 30 unit rumah, yang diperuntukkan bagi masyarakat desa terdampak banjir bandang.

“Memang dulunya sedikit mengalami kendala, akan tetapi, berkat kerjasama dan pengarahan, akhirnya mereka mau direlokasi dan aman dari peristiwa banjir bandang lagi,” tukasnya.

Untuk diketahui, saat meninjau bencana banjir pada tahun 2020 lalu di hadapan warga dan Pemdes Desa Gunung Kembang Bupati Lahat, Cik Ujang pernah mengatakan akan merelokasi warga yang terdampak banjir tersebut. Kini, sudah saatnya Cik Ujang selaku orang nomor satu di Kabupatn Lahat menepati janjinya dengan membangun 30 unit rumah layak huni.

Baca Juga   Jaga Kebugaran Tubuh, Cik Ujang Jalan Santai Bersama Keluarga Besar DPP Partai Demokrat

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Gunung Kembang, Parsyah menuturkan, atas nama Pemerintah Desa (Pemdes), mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Lahat, yang telah menyediakan lahan pembangunan pemukiman baru.

“Alhamdulillah, lahan ini merupakan titik yang disepakati, dan akhirnya proses pembangunannya pun terlaksana dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Lahat,” tutupnya.

Terpisah, Warga Gunung Kembang, Firmansyah mengemukakan, pada kejadian banjir bandang 2020 lalu, tercatat ada 60 rumah dengan kondisi rusak berat, ringan dan hanyut terbawa arus sungai.

“Baru 30 unit yang dibangunkan, dan warga lain pun berharap kepada Pemkab Lahat, agar bisa disediakan lahan lagi, karena mereka mau dipindahkan,” tegasnya.

Editor : Ron

Check Also

Berikan Rasa Nyaman Pengguna Jalan, Desa Jaga Baya Lakukan Tebas Bayang Jalan

Author : Aprli KIKIM SELATAN, LhL – Guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengguna …

SMM Panel

APK

Jasa SEO

error: Content is protected !!