Home / HUKUM & KRIMINAL / Terjaring Operasi Senpi Musi, B Diamankan Sat-Reskrim Polres Lahat

Terjaring Operasi Senpi Musi, B Diamankan Sat-Reskrim Polres Lahat

Author : Ujang

LAHAT, LhL – Polres Lahat telah melaksanakan Ren OPS Senpi Musi tahun 2021 dengan nomor R/Ren OPS/10/XI/OPS/tanggal 10 Nopember 2021 sampai dengan tanggal 29 Nopember 2021.

Maksud dan tujuan Operasi ini, adalah ssbagai laporan akhir dan hasil sebagai bahan pertanggung jawaban dan memberikan evaluasi tentang pelaksanaan OPS Senpi Musi. Sehingga dapat dijadikan bahan acuan dan masukan untuk ke depannya.

Hasil dari OPS Senpi Musi tersebut berupa ungkap kasus tindak pidana membawa, memiliki dan menyimpan senjata api bukan pada tempatnya dan profesinya di muka umum tanpa hak sebagai mana dimaksud dalam pasal 1 ayat 1 Undang undang darurat nomer 12 tahun 1951.

Team Reskrim, pada hari Kamis tanggal 25 Nopember 2021, pukul 01.00 wib bertempat di Desa Keban Agung, Kecamatan Kikim Selatan telah diamankan terduga pemilik Senpi Rakitan jenis Kecepek Laras panjang atas nama B (50), seorang petani.

Baca Juga   Sanderson : Saya Tegaskan, YLKI Terus Pantau SE Sekda Lahat Terkait Parkiran

Kapolres Lahat, AKBP. Achmad Guati Hartono, SIK didampngi Kasat Reskrim melalui Kasi Humas, Iptu. Sugianto yang sisampaikan Kasubsi Penmas, Aipti. Lispono, SH menyebut bahwa, Barang Bukti (BB) yang diamankan petugas berupa sepucuk Senpi rakitan laras panjang dan sekantong plastik hitam garam inggris.

“Terduga pemilik B dan barang bukti sekarang diamankan di Polres Lahat untuk penyidikan lebih lanjut”,  katnya.

Kemudian pada hari Senen tanggal 29 Nopember 2021, pukul 12 30 wib, bertempat di Desa Marga Mulya Kecamatan Kikim Timur telah berlangsung penyerahan senpi laras pendek jenis Kecepek sebanyak 2 (dua) buah dari karang taruna masyarakat.

Penyerahan Senpi dari karang taruna yang diwakili Tri Yuda Utama kepada Kapolres lahat AKBP Achmad Gusti Hartono SIK yang di wakili oleh kasat Intelkam, Iptu M. Akip Firdaus melalui Kanit IV Kamneg, Ipda Juliansyah yang disaksikan Kepala Desa dan perangkat setempat .

Baca Juga   BPD Air Puar Mulak Ulu Gelar Musrenbangdes Tahun Anggaran 2023

Penyerahan senpi ilegal (jenis Kecepek) ini, dilakukan setelah adanya himbauan dan pendekatan anggota Polres Lahat oleh satuan intelkam dalam pelaksanaan OPS Senpi Musi 2021.

“Kita mengucapkan banyak terima kasih kepada personel yang terlibat OPS Senpi Musi Polda Sumsel yang telah berhasil mengungkap kepemilikan senpi jenis Kecepek,  serta mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang secara sadar dan sukarela menyerahkan senpi kecepek dan kami harapkan dengan adanya OPS senpi Musi bisa mengurangi kejahatan yang mungkin terjadi dan harga menjadikan gangguan Kamtibmas”,  tutupnya.

Editor : RON

Check Also

Bangun Jalan Usaha Tani, Tim Kecamatan Kikim Barat Monev Desa Mekar Jaya

Author : April KIKIM BARAT, LhL – Pemerintah Kecamatan Kikim Barat Kabupaten Lahat melalui Tim …

SMM Panel

APK

Jasa SEO

error: Content is protected !!