Home / REGIONAL / PALEMBANG BARI / 2022, Underpass Simpang Charitas Dibangun, Ini Panjangnya

2022, Underpass Simpang Charitas Dibangun, Ini Panjangnya

Author : Elan

PALEMBANG, LhL– Jika tidak ada perubahan,  pembangunan Underpass Simpang Charitas Palembang akan dimulai pada 2022 dengan panjang 300 meter

Kepala Bappeda Litbang Kota Palembang, Harrey Hadi mengatakan, Underpass Charitas diproyeksi untuk mengurai kemacetan di Jalan Sudirman.

“Panjang Underpass 300 meter dari Sudirman sampai ke Pasar Cinde,” katanya, Minggu (4/4/2021).

Setidaknya akibat pembangunan tersebut terdapat 80 persil yang terkena dampak diantaranya  Bank Indonesia dan ruko-ruko di sekitar Simpang Charitas.

“Untuk BI itu perkiraan hanya mengenai halamannya saja,” katanya.

Adapun lokasi pekerjaan underpass berada di dua kelurahan yaitu Kelurahan Sei Pangeran dan Kelurahan 20 Ilir D1, Kecamatan Ilir Timur Satu.

Untuk memastikan semua kesiapan pada pembangunan proyek Nasional itu, Desember 2020 lalu juga telah dilaksanakan Survey utilitas pipa gas pertagas.

Baca Juga   Harnojoyo Target 2023 Insinerator Beroperasi

Hasilnya bahwa di Simpang Charitas tidak terdapat pipa gas milik Pertagas. Lokasi pipa terdekat berjarak 2,5 km yang berlokasi di Simpang Polda dan jalan Demang Lebar Daun.

“Jaringan pipa dapat dipastikan tidak terganggu dengan adanya konstruksi pembangunan Underpass Charitas,” katanya. Begitupun Survey utilitas pipa gas PGN, kabel PLn tegangan tinggi, pipa PDAM.

Kemudian, survey lokasi investigasi tanah bersama P2JN dan Balai PU untuk menentukan lokasi investigasi

tanah dengan instruksi titik bor diusahakan jauh dari badan jalan.

Pekerjaan dilakukan pada malam hari, terutama pada pengujian CPTU, pengujian bor dan CPTU yang berpotensi mengganggu lalu lintas, di usahakan menggunakan marka jalan berupa barrier dan kerucut.

Baca Juga   Satreskrim Poltabes Palembang Temukan Belasan STNK Palsu di Rumah EE

Dengan adanya kerusakan trotoar, median dan taman akibat investigasi tanah, pihak perencana harus mendapatkan izin pembongkaran median dan trotoar dari balai terlebih dahulu.

Kesiapan Pembangunan Underpass Simpang Charitas dilaksanakan oleh Direktorat Jembatan

Ditjen Bina Marga melalui Paket PPC-5. Untuk  DED, Amdal, Amdalalin, LARP termasuk pengadaan lahan akan disesaikan sampai 2021 akhir. Dimana saat ini juga DED masih dalam proses pembuatan.

“Dengan begitu,  maka Konstruksi sudah dapat dilakukan pada Tahun 2022. Dan target Operasional Tahun 2023 mendatang,” katanya.

Kepala Dinas PUPR Kota Palembang, Ahmad Bastari mengatakan, untuk proses ganti rugi nanti dikaji KJPP.  “Penggantian yang dilakukan termasuk dihitung lahan, bangunan, dan tumbuhan/pohon,” katanya.

Editor : Ron

Check Also

PWI Prihatin Putusan Hakim Yang Menghukum Wartawan Asrul

Author : SMSI PALEMBANG, LhL – Jurnalis berita.news, Asrul divonis tiga bulan penjara oleh Mjelis …

SMM Panel

APK

Jasa SEO

error: Content is protected !!