Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / Reses : Dewan Dapil 1 Apresisasi Terobosan Bapenda Dalam Peningkatan PAD Lahat

Reses : Dewan Dapil 1 Apresisasi Terobosan Bapenda Dalam Peningkatan PAD Lahat

Author : Release SMSI

LAHAT, LhL – 10 orang anggota DPRD Kabupaten Lahat Dapil 1 Kecamatan Lahat, yang meliputi; Fitrizal Homizi, Gaharu, Sri Marhaeni Wulansih, Samarudin (Eenk), M. Ariadi, Junaidi, Arry, Andriansyah, Munawir Syafei, dan Feriyanto menyambangi Kantor Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda), Kamis (12/11/2020).

Kedatangan para wakil rakyat ini ke Bappenda dalam rangka Reses anggota DPRD Kabupaten Lahat masa persidangan pertama tahun sidang 2020-2021 daerah pemilihan 1 meliputi Kecamatan Lahat. Kehadiran anggota DPRD yang melakukan reses disambut langsung Kepala Bappenda dengan diwakili Sekretaris Bappenda Lidyawati, S.Hut bersama staff.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Lahat, Subranudin SE MAP melalui Sekretaris, Lidyawati Cik Ujang SHut mengemukakan, pihaknya terus berupaya agar di tahun mendatang target pencapaian pendapatan bisa diatas 200 persen, secara keseluruhan 80 persen hingga 12 November 2020.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Dana Transfer, Adi Kurniawan SE MM mengemukakan, dari APBN induk dana transfer awal sebesar Rp 1,4 T, adanya covid-19 mengalami revisi hanya Rp 1,209 T, dan terealisasi Rp 1,164 T atau setara 97,13 persen.

Baca Juga  KETUA PKK LAHAT BUKA WORKSHOP SNP TAHUN 2020

“Kendatipun demikian, kami akan terus melaksanakan pekerjaannya dengan sebaik-baiknya,” urainya.

Senada, Kabid Pajak Daerah, Ibni Norris, S.E., M.M mengemukakan, untuk sektor PAD target Rp 113 M, teraliasi hingga tertanggal 10 November 2020 sebesar Rp 94 M, atau setara 83 persen. Adanya pandemi covid akan berupaya keras. Untuk pajak sendiri target Rp 31 M dan tercapai 33 M atau 107 persen.

“Untuk pajak parkir Rp 262 juta pertahun,
Retribusi parkir tepi jalan umum 2020 dari 850 juta turun menjadi Rp 600 juta mengingat adanya covid-19,” tukasnya.

Terpisah, Ketua rombongan reses DPRD Lahat Dapil 1, Sri Marhaeni Wulansih, S.H menuturkan, menonjol dari sektor PBB, parkir dan sektor lainnya. Dirinya memberikan apresiasi dengan turun ke lapangan mengenai pajak.

“Aturan baru membeli rumah harus dimutasi kepemilikannya sehingga membayar PBB sudah berubah, agar terobosan baru itu, mampu mendongkrak pendapatan,” ucapnya.

Baca Juga  UJANG, SI BUNTUNG YANG MERAMPOK PEGAWAI KOPERASI DIDOR PETUGAS

Senada disampaiakan anggota DPRD Lahat Arry, A. Md, penempatan tapping box yang ada di rumah makan, restoran parkir komersil merupakan terobosan sangat baik, dalam tujuan mendongkrak PAD.

Reses hari ini merupakan hari ke 4 dilakoni anggota DPRD Kabupaten Lahat Dapil 1 wilayah Kecamatan Lahat. Hal ini disampaikan Ketua DPRD Lahat, Fitrizal Homizi, S.T.

“Hari ini merupakan Reses hari ke 4 dan kami ke Bappenda untuk mengetahui realisasi pencapaian target untuk peningkatan PAD dan solusi-solusi dalam upaya meningkatkan PAD tersebut. Kami juga menyampaikan saran pendapat beserta opsi-opsi yang kira-kira dapat meningkatkan PAD Kabupaten Lahat,” ujarnya.

Sementara, Lidyawati, S.Hut mengucapkan terima kasih atas kedatangan para anggota dewan ke kantor mereka.

“Terima kasih atas kedatangan anggota DPRD Kabupaten Lahat Dapil 1. Karena kami juga membutuhkan sharing dan dukungan, terutama dalam hal regulasi. Jangan sampai apa yang dilakukan dalam memungut atau menarik retribusi menyalahi aturan,” ungkapnya.

Editor : RON

Check Also

Meski Dirantau, Nizar Doakan YM Jadi Bupati Lahat

Author : Nopi LAHAT, LhL – Rasa haru, ceria dan hangat membaur jadi satu ketika …

SMM Panel

APK

Jasa SEO