Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Agung / CAMAT KOTA AGUNG OPTIMIS DESA PAGARUYUNG DAPAT JUARA DI LOMBA DESA

CAMAT KOTA AGUNG OPTIMIS DESA PAGARUYUNG DAPAT JUARA DI LOMBA DESA

Author : Ivi Hamzah

KOTA AGUNG, LhL – Sesuai amanah peraturan menteri dalam negeri tahun 2014 dalam meningkatkan kinerja dan kwalitas serta pemberdayaan masyarakat di desa, maka Pemerintah Kabupaten Lahat Propinsi Sumatera Selatan melaksanakan lomba desa ditingkat kecamatan dan kabupaten. Hari ini Rabu (19-02-2020) Bupati Lahat Cik Ujang SH, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa meninjau dan menilai Desa Pagaruyung Kecamatan Kota Agung Kabupaten Lahat. Kedatangan tim penilai lomba desa ini disambut hangat oleh pemerintah Kecamatan Kota Agung beserta masyarakat.

Atra Muliadi selaku Kepala Desa Pagaruyung dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terimakasih pada tim penilai lomba desa yang telah hadir di Desa Pagaruyung untuk melakukan penilaian. Dalam laporannya Atra menyampaikan, bahwa Desa Pagaruyung dihuni 258 Kepala Keluarga (KK) dan 852 jiwa. Adapun penghasilan mayoritas penduduk Desa Pagaruyung sebagai petani kopi dan petani sawah. Dikatakan Atra sebelum lomba desa ini, ia bersama perangkat desa telah menyiapkan beberapa persiapan yang akan dinilai oleh tim lomba desa. Maka dari itu ia berharap apabila ada kekurangan yang beliau m memenuhi persyaratan ia mohon petunjuk dan bimbingan agar mencapai nilai yang terbaik.

“Dengan besar harapan di lomba desa ini kami mendapatkan nilai yang terbaik,” harapnya.

Baca Juga  7 ADEGAN KRONOLOGI PEMBUANGAN BAYI, DIREKONSTRUKSI POLSEK KOTA AGUNG

Hal senada juga disampaikan oleh Marsi selaku camat Kota Agung. Dalam sambutannya ia mengucapkan terimakasih pada tim penilai lomba desa yang telah hadir di acara ini. Sebagai informasi bahwa Kecamatan Kota Agung mempunyai 22 desa, yang sebelumnya mencapai 62 desa sebelum ada pemekaran dari Kecamatan Mulak Ulu, Mulak Sebingkai dan Tanjung Tebat. Dari sisa pemekaran tersebut, Kecamatan Kota Agung masih mempunyai desa terbanyak.

“Alhamdulillah semua pemerintahan desa di kecamatan kota agung sudah melayani masyarakat di kantor desa, dan perangkat desa sudah aktif ngantor di kantor desa,” terang mantan camat Jarai ini.

Dilomba desa hari ini, Marsi berharap dan optimis akan mendapatkan nilai terbaik, karena di tahun sebelumnya ia mendapat juara dua sewaktu masih menjadi camat di Kecamatan Jarai.

“Setiap lomba desa saya mendapatkan jadwal hari Rabu, mungkin hari ini adalah hari keberuntungan bagi kami untuk mendapatkan hasil atau juara kembali,” selorohnya sambil tersenyum dan disambut tepuk tangan oleh para undangan.

Agus Santoso SH, MM, ketua tim penilai lomba desa mengucapkan terimakasih pada unsur Tripika dan pemerintahan desa yang telah menyambut dengan baik kedatangan tim penilai. Sebelumnya Agus mengucapkan permohonan maaf atas ketidakhadiran Bupati Lahat Cik Ujang SH, seyogyanya yang memberikan penilaian lomba desa ini adalah Bupati. Namun karena Bupati Lahat Cik Ujang ada kegiatan lain maka tugas ini diserahkan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes). Dikatakan Agus, yang akan dinilai dalam lomba desa ini yaitu tentang Evaluasi di bidang pemerintahan, kinerja pemerintahan, desa kreatif, kesehatan, pemberdayaan masyarakat serta administrasi desa.

Baca Juga  Diduga Rusak KLH, R Ditangkap Satreskrim Polres Lahat

“Misal adanya tanaman obat (toga) rumah sehat dan lingkungan desa serta administrasi desa. Inilah yang akan menentukan apakah desa layak mendapatkan nilai terbaik atau belum nantinya,” terangnya.

Dikesempatan ini Agus berpesan pada kepala desa dan perangkat desa agar aktif memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui kantor desa.
Perangkat desa harus ngantor setiap hari kerja mulai dari hari Senin sampai Jumat. Dan apabila ada pemerintahan desa yang tidak ngantor maka akan ada sanksi yang dipertanggungjawabkan.

“Karena rutinitas perangkat desa di kantor akan masuk di penilaian, apabila ada perangkat desa yang tidak rutin masuk kantor maka kepala desa wajib memberikan sanksi tegas, kapan perlu potong gaji,”tegasnya.

Kemudian Tim penilai lomba desa langsung mengecek administrasi Desa Pagaruyung di ruangan kantor desa.
Penilaian lomba desa ini dihadiri Koramil 405/09, Polsek Kota Agung, Kepala Desa, staf kantor camat, TP-PKK Kecamatan kota Agung.

Editor : Ron

Check Also

Jum’at Curhat di Kota Agung, Polres Lahat Sampaikan Empat Poin Kegiatan

Author : Ujang/Humres KOTA AGUNG, LhL – Hari ini, Jum’at 26 Januari 2024, bertempat di …

SMM Panel

APK

Jasa SEO