Home / Umum / BAZAR UMKM LAHAT ISI ACARA PERESMIAN PLAZA LEMATANG.

BAZAR UMKM LAHAT ISI ACARA PERESMIAN PLAZA LEMATANG.

Author : Ivi Hamzah

LAHAT, LhL – Sehubungan hari ini Minggu (24/12) Teras Bukit Asam Tepian Sungai Lematang Lahat hari ini diresmikan langsung oleh H. Saifudin Aswari Rivai, SE selaku Bupati Lahat. Teras bukit asam atau biasa disebut plaza lematang adalah tempat wisata kuliner bagi masyarakat kabupaten lahat yang akan di isi berbagai macam jualan dari UMKM Lahat.

H. Saifudin Aswari Rivai, SE dalam sambutannya menegaskan, bahwa plaza tepian lematang ini adalah untuk menumbuhkan usaha mikro kecil dan menengah di kabupaten lahat, karena selain tempat wisata juga tempat pusat bermacam jajanan, semoga tempat wista kuliner yang dibangun oleh PT Bukit Asam ini dapat bermanfaat bagi masyarakat lahat.

“Semoga dengan telah dibangunnya tempat wisata kuliner ini, dapat menumbuhkan  perekonomian lahat,” tegasnya.

Sementara para pedagang yang tergabung dalam UMKM, binaan Dinas Koperasi Lahat, yang sedang mendengar langsung sambutan Bupati Lahat tersebut sangat senang. Misalnya Toto, yang mencoba buka gorengan dan bermacam cemilan lainnya yang siap saji di lantai dasar. Ia berharap sekali dengan telah dibangunnya plaza lematang ini para pelaku industri kecil dan rumahan dapat mengembangkan usahanya di tempat ini. Karena selama ini istrinya yang menjajakan kue keliling dikarenakan tidak ada lapak dan modal. Namun sekarang usahanya sudah didaftarkan ke Dinas Koperasi Lahat, untuk mendapatkan binaan langsung.kalau ada modal nanti Toto ingin buka usaha di plaza ini asalkan sewa kiosnya tidak terlalu mahal.

Baca Juga  PENGURUS PWI LAHAT PERIODE 2016-2019, RESMI DILANTIK

“Dengan telah dibangunnya tempat wisata kuliner ini dapat semoga dapat mengembangkan usaha kecil kami, kami berharap sewa kiosnya/ lapaknya tidak terlalu mahal,” tuturnya pada LhL.

Senada dengan Rahma, wanita muda yang menjajakan baju kaos bertuliskan bahasa daerah lahat, Ia berharap sekali tempat ini jadi ramai pengunjung, karena tempat ini jadi tempat wisata. Maka dari itu Rahma, membuka usaha baju kaos kata kata khas daerah lahat, sebagai ole ole buat pengunjung. Misalnya baju yang Ia jual bertuliskan bahasa indonesia (Jatuh Kebelakang) dalam bahasa daerah Lahat nya (Tekangkang), Ia sangat yakin tempat ini akan ramai makanya Ia menyiapkan suvenir buat kenang kenangan pengunjung yang datang.

Baca Juga  SELURUH JAJARAN POLRES LAHAT TURUN TANGAN AMANKAN PILKADES SERENTAK

“Kita jual baju kaos bertuliskan kata kata daerah lahat, buat ole ole pengunjung yang datang kesini,” ujarnya pada media.

Sementara H. Drs, Masroni, MM, Kepala Dinas Koperasi Lahat melalui Yuliana, Kasi Fasilitasi Usaha Mikro menjelaskan, bahwa sekarang ini UMKM di kabupaten lahat mendapatkan binaan dari Dinas Koperasi, bagi yang terdaftar. Karena Dinas Koperasi bekerjasama dengan Bank Sumsel BaBel untuk memberikan pinjaman sebagai binaan, agar UMKM tersebut dapat maju dan berkembang.

Maka dari itu bagi yang ada usaha silahkan daftarkan ke Dinas Koperasi untuk mendapatkan binaan langsung.

“Kita memberikan binaan langsung bagi usaha mikro kecil dan menengah, melalui dinas koperasi, agar UMKM tersebut dapat maju dan berkembang,” pungkasnya.

Editor : Zadi

Check Also

Pj Bupati Muba Saksikan Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2024

MUSI BANYUASIN, gemasriwijaya.net – Bertempat di lapangan apel Mapolres muba, pada hari ini Rabu (03/04/2024) …

SMM Panel

APK

Jasa SEO