Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Kota Lahat / YLKI LAHAT : ANTISIPASI PENYAKIT, MINTA TIM TERPADU SIDAK HEWAN KURBAN

YLKI LAHAT : ANTISIPASI PENYAKIT, MINTA TIM TERPADU SIDAK HEWAN KURBAN

Author : Ron/Sumber : YLKI

LAHAT, LhL – Untuk mengantisipasi terjadinya penyakit pada hewan kurban, YLKI Lahat Raya menjelang Hari Raya Idul Adha minta Tim Sidak Terpadu Kabupaten Lahat melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah titik penyedia hewan kurban.

Hajat  baik ini seperti yang disampaikan oleh Ketua YLKI Lahat Raya, Sanderson Syafe’i, ST, SH saat dibincangi via telephone cellulernya pada Sabtu (26/8/17) sore. Ia menyebut, untuk pengecekannya, nanti akan dilakukan terhadap kondisi mata, mulut, dan suhu tubuh hewan kurban berupa sapi yang dijual.

“Namun dari seluruh tim terpadu yang akan diturunkan, diharapkan tidak menemukan hewan sapi yang dicurigai mengidap penyakit berbahaya. Terutama penyakit yang bisa menular ke manusia, seperti antraks”, urainya.

Baca Juga  41 PEJABAT DILINGKUNGAN PEMKAB LAHAT DI LANTIK

Selain pemeriksaan sapi, ajak Sanderson, petugas nanti melakukan pemeriksaan kambing. Sama dengan saat pemeriksaan sapi, agar tidak menemukan indikasi penyakit berbahaya pada kambing yang diperjualbelikan. Meskipun belum adanya pengaduan tentang hewan kurban yang berpenyakit, namun menurut Sanderson, YLKI Lahat bersama Tim Sidak Terpadu yang terdiri dari Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan, Dinas Kesehatan Lahat, Dinas Perizinan, Sat Pol PP dan Polres Lahat akan bekerja lebih intensif untuk meneliti lebih jauh terhadap seluruh penyedia hewan kurban di Kabupaten Lahat.

Baca Juga  BUPATI LAHAT LEPAS PAWAI TAKBIR KELILING IDUL ADHA 1440 H

“Utamanya hewan kurban yang didatangkan dari luar daerah” imbuhnya.

Lebih jauh Sanderson berharap, agar tim tdak hanya melakukan sidak kepada para penjual hewan kurban saja, namun tim juga akan melakukan sidak saat proses penyembelihan.

“Hewan kan juga makhluk hidup sama seperti manusia kadang sehat kadang sakit, dengan diperiksa begini sangat menguntungkan penjual karena nantinya calon pembeli benar-benar percaya kalau hewan yang kita jual kualitasnya bagus,” papar Sanderson.

Editor : Zadi

Check Also

Hadiri Sidang PMH LPG Subsidi di PN Lahat, SBM Linggau MOR II Ditolak Hakim Tanpa Kuasa Dirut PT. Pertamina

Author : Ujang LAHAT, LhL – Sidang kedua gugatan Perbuatan Melawan Hukum (PMH) antara Yayasan …

SMM Panel

APK

Jasa SEO