Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Merapi Selatan / KUBANGAN KERBAU BERBALUT BETON, DULU DIPANGGUL SEKARANG PAKAI MOTOR

KUBANGAN KERBAU BERBALUT BETON, DULU DIPANGGUL SEKARANG PAKAI MOTOR

Author : Hendriadi

MERAPI SELATAN, LhL – Dengan telah dilakukannya proses pembangunan jalan setapak menuju ke persawahan dan perkebunan warga, Kepala Desa Talang Akar, Kecamatan Merapi Selatan, Mirdiansyah bersama masyarakatnya, bisa tersenyum sumringah.

IMG-20170616-WA0229

Faktanya, para petani di desa itu sangat merasa terbantu. Hal ini lantaran sebelumnya lokasi jalan yang dimaksud adalah merupakan kubangan kerbau, dan kini sudah mulus berbalut beton.

IMG-20170616-WA0225

Menurut Mirdiansyah, saat dibincangi lahathitline.com di desa tersebut, pembangunan jalan setapak ini tujuannya untuk mempermudah akses jalan para petani menuju lahan perkebunan. Selain itu banyak manfaatnya bagi masyarakat, tidak hanya warga Desa Talang Akar yang menggunakan jalan setapak ini, tetapi warga Desa Tanjung Menang dan warga Desa Padang, Kecamatan Merapi Selatan juga menggunakan Akses jalan ini.

IMG-20170616-WA0232

“Saat ini kami juga sedang melakukan pembangunan jalan setapak untuk melanjutkan akses jalan itu, rencana kedepannya nanti warga desa akan membuka peternakan seperti sapi atau kerbau di lahan seluas 25 hektar. Tidak hanya itu, kami juga akan membangun kolam ikan, itu semua berkat Pak Aswari sebagai Bupati Lahat, dan diperuntukkan semua bagi warga Desa Talang Akar yang nantinya akan dijaga oleh warga secara bergantian,” ungkapnya.

Baca Juga   CAMAT LAMA HUNDUR DIRI, CAMAT BARU MOHON BIMBINGAN

IMG-20170616-WA0226

Haminah, salah seorang petani yang kebetulan pulang dari sawahnya mengatakan, sejak dibangunnya jalan setapak ini, dirinya sangat terbantu, dulunya jalan ini seperti kubangan kerbau. Apalagi saat datangnya musim penghujan, selain becek juga banyak pacatnya (hewan sejenis lintah).

“Setelah dibangun jalan setapak ini kami jadi mudah nak nuju ke kebun. Apolagi sekarang ini ke sawah kami biso pakai motor. Kami biso bawa hasil pertanian pakai motor, idak dipanggul lagi, atau kami biso pakai gerobak sorong. Terimo kasih nian Pak Bupati, Pak Camat dan Pak Kades,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Merapi Selatan Gemris Palo, SIP, MM saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, sebagai pemerintah yang ada di Kecamatan Merapi Selatan, ia sangat mendukung adanya pembangunan jalan setapak. Apalagi akses jalan itu digunakan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, sehingga mempermudah untuk para petani membawa hasil pertanian.

Baca Juga   Minta Hitung Ulang Surat Suara, Puluhan Masyarakat 3 Desa Kikim Selatan Datangi Pemkab Lahat

“Harapan kami dengan dibangunnya jalan setapak ini dapat memudahkan akses masyarakat khususnya mendukung perekonomian yang ada di Desa Talang Akar, akan mempermudah tranportasi seperti sekarang ini masyarakat sudah dapat menggunakan sepeda motor untuk mengangkut hasil bumi/hasil perkebunan”, tutur Gemris.

Selain itu, tambahnya, masyarakat bisa menggunakan kendaraan sampai ke area perkebunan, tidak seperti sebelum dibangun jalan setapak, masyarakat mesti jalan kaki untuk menuju perkebunan.

“Jarak tempuhnya pun ribuan meter, cukup jauh,” terangnya.

Terpisah, Bupati Lahat, H Aswari Riva’i saat dikonfirmasi terkait rasa syukur warga Desa Talang Akar, atas dibangunnya jalan setapak ini. Aswari pun mengakui kalau hal itu memang sudah menjadi kewajiban bagi bupati dalam membangun daerahnya.

“Aminn…, dan itu salah satu kewajiban kami sebagai bupati yang memperhatikan kepentingan dan kebutuhan masyarakat yang rieel”, balas pria yang tak lain adalah salah seorang Bacagub Sumsel ini, via WhatsAppnya.

Editor : Yadi

Check Also

“Merapi Dengar Kamu”, Relawan : Kami Siap Menangkan Yulius Maulana Cabup Lahat 2024 – 2029

Author : Ujang/re-BMD MERAPI AREA, LhL – “Ya….. Rumah Rakyat Relawan Merdeka (Merapi – Dengar …

SMM Panel

APK

Jasa SEO