Home / REGIONAL / MUARA ENIM / HADAPI UNBK, SUDAH SERING LAKUKAN SIMULASI

HADAPI UNBK, SUDAH SERING LAKUKAN SIMULASI

Author : KALVIN

MUARA ENIM, LhL – Untuk melakukan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMKN 1 Tanjung Agung membagi waktu pelaksanaan sebanyak 3 sesi, hal tersebut dilakukan karena di SMA Negeri tersebut hanya memiliki 60 unit komputer dengan jumlah siswa 154 siswa. Hal tersebut disampaikan langsung Kepala SMKN 1 Tanjung Agung, Rusdi Arsyad MM.

Dijelaskan Rusdi, walau baru pertama kali melakukan kegiatan Ujian Nasional Berasis Komputer (UNBK), hari pertama ini berjalan dengan lancar tidak ada kendala, karena jaringan internet sama dengan daerah – daerah lain. “Untuk sekolah kita dalam ujian saat ini menggunakan modem Flash Telkomsel untuk jaringannya bagus. Siswa yang mengikuti UNBK ini berjumlah 154 siswa selama 4 hari ini dengan jumlah 60 unit komputer di bagi dua ruangan. Dalam ujiannya kita bagi tiga sesi dalam satu mata pelajar untuk hari senin ini Bahasa Indonesia dalam sesi pertama Jam 07.30-09.30, sesi jam kedua 10.30-12.30, sesi ketiga jam 14.00-16.00,” ungkap Rusdi.

Untuk ujian ini sendiri, imbuh Rusdi, telah terprogram dari pusat yang setiap anak berbeda isi soalnya, jadi mereka tidak dapat saling mecontek, melainkan mereka bisa fokus untuk berusaha sendiri. Merka terdiri dalam satu ruang ini satu poktor dan satu orang pengawas, untuk menjawab soal tersebut kalau ragu jawabnya bisa di cari soal yang mudah merka jawab, nanti bisa di buka ulang kembali untuk dijawab kembali dengan waktu ujiannya 2 jam atau120 menit.

Baca Juga  KAJARI MUARA ENIM ADAKAN COFFE MORNING DENGAN MEDIA

“Jauh hari sebelumnya, kita sudah sering melakukan pelatihan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer oleh sekoah kita, untuk mempermudah siswa menggunakan komputer dan cara mengerjakan ujian tersebut menggunakan komputer secara onlie,” bebernya.

Kedepan, masih kata Rusdi, pihaknya berkotmitmen akan terus melaksanakan UNBK di tahun depan, sekali kita melakukan UNBK kita berharap terus melaksanakannya. Ia berharap pemerintah bisa memberikan perhatian khusus dalam pelaksanaan UNBK ini, dan dapat membantu peralatan yang masih kurang, karena 19 unit komputer yang dipakai di sekolahnya merupakan pinjaman dari SMPN 1 Tanjung Agung.

“Sebelum menghadapi unjian ini, para siswa sudah ada mata pelajaran KTPI semua jurusan wajib bisa menggunakan komputer. Untuk jurusan di SMKN1 Tanjung Agung ini di antaranya Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Sepeda Motor (TSM), Teknik komputer dan Jaringan (TKJ), Multi Media (MM)”, katanya.

Baca Juga  TABRAKAN ALA ADU KAMBING, 2 KORBAN MASUK IGD

Sementara, saat dibincangi, salah satu siswa kelas 3 jurusan TKR Aditia Dwi Putra mengatakan, apapun bentuk soal yang ada di komputer itu, semuanya sudah pernah dipelajari di sekolah, namun ia mengaku masih ada beberapa jawaban yang kurang yakin.

“Yaa Alhamdulillah berjalan dengan lancar, walaupun saat ujian tadi ada beberapa soal yang masih kurang yakin jawabnya, namun dengan adanya ujian seperti ini kita dapat fokus menjawabnya karena sebelumnya kita telah melakukan slimunas ujian UNBK. Setelah ujian ini berlangsung apa yang saya pelajari dari buku maupun yang pernah di ajari guru di sekolah hampir semuanya pernah kami pelajari di sekolah,” ungkapnya.

Aditia berharap, ia dan semua temannya yang mengikuti ujian hari ini bisa lulus semua. “Harapan kami biar kami semua kelas tiga ini bisa lulus 100% dan agar dapat melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi lagi, maupun ada yang mencari pekerjaan dengan mudah dengan nilai yang mereka milik di ijaza nanti”, harapnya.

Editor : YADI

Check Also

Bukit Asam (PTBA) Dukung Pemberdayaan Petani di Pagar Dewa

Author : Ujang / Humas BA MUARA ENIM, LhL – Berawal dari keprihatinan pada nasib …

SMM Panel

APK

Jasa SEO