Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Merapi Selatan / DITUMBUK DENGAN LESUNG, KOPI MILIKI AROMA YANG LEBIH TERASA

DITUMBUK DENGAN LESUNG, KOPI MILIKI AROMA YANG LEBIH TERASA

Author : HENDRIADI

MERAPI SELATAN, LhL – Desa perangai Kecamatan Merapi Selatan merupakan salah satu daerah penghasil kopi yang ada di Sumatera Selatan, beraneka ragam jenis buah kopi yang ada didaerah tersebut, seperti halnya warga desa sekitar menyebutnya kopi Grudak, kopi kecik dan kopi luwak dari hasil olahan hewan dan lainnya.

Iin warga Desa Perangai mengatakan, masyarakat disini kebanyakan mengolah hasil biji kopi masih secara manual, dari abis panen sampai menjadi bubuk kopi siap saji masih menggunakan alat tradisional lesung tanpa menggunakan alat modern/mesin.

“Kalau di desa kami pengolahan hasil panen kopi masih menggunakan alat tradisional, seperti yang dapat dilihat sekarang ini kebanyakan warga desa kami menggunakan lesung, sebagai alat untuk mengolah kopi, kopi yang dihasilkan dari tumbukan  lesung ini aroma lebih terasa,” ungkapnya.

Baca Juga  ASWARI HIASI TAMAN WISATA SEKOLAH GAJAH DENGAN POHON HIJAU

Diakuinya, pengelolaan biji kopi dari lesung ini sudah turun temurun sejak nenek moyang dahulu dan sampai saat ini masih terjaga kelestariannya, “kalau sekedar buat konsumsi sendiri kami masih menggunakan lesung ini untuk mengelola hasil kopi, tetapi kalau dalam jumlah banyak kami bawa ke mesin penggilingan,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, untuk mendapatkan hasil Kopi yang wangi dan gurih, biji kopi disangrai terlebih dahulu selama beberapa jam dengan ukuran api yang sedang, proses selanjutnya kemudian ditumbuk menggunakan lesung hingga halus agar menghasilkan hasil bubuk kopi yang bagus dengan aroma yang wangi.

Baca Juga  PASCA INSIDEN PELAJAR DISAMBAR PETIR, UNSUR TRIPIKA ADAKAN RAPAT EVALUASI

“Usai ditumbuk dengan halus, bubuk kopi tersebut kemudian disaring dengan menggunakan saringan santan kelapa agar mendapatkan hasil yang bagus dengan aroma yang wangi, setelah proses akhir penyaringan bubuk kopi siap dihidangkan, agar lebih nikmat minum kopinya bisa ditambahkan dengan susu atau coklat sesui dengan seleranya,” tutupnya.

Editor : YADI

Check Also

Pj Bupati Lahat Hadiri Musrenbang RKPD Lahat 2025 Merapi Area

Author : RIO P LAHAT – PJ. Bupati Lahat Muhammad Farid S. STP. M. Si …

SMM Panel

APK

Jasa SEO