Home / LAHAT METROPOLIS / Kecamatan Mulak Ulu / DINAS PERTANIAN SOSIALISASI PENANAMAN JAGUNG DAN KOPI INTRES

DINAS PERTANIAN SOSIALISASI PENANAMAN JAGUNG DAN KOPI INTRES

Author : Jack Mania

MULAK ULU, LhL – Sehubungan dengan semangat Dinas Pertanian dan perkebunan Kabupaten Lahat yang dipimpin oleh Ir, Hapit Fadli,untuk mensejahterahkan rakyat, maka hari ini Kamis (16/3) Kepala Bidang perkebunan adakan sosialisasi tentang pertanian di Desa Jadian Lama dan Desa Keban Agung.

Ir. Otong Heriadi M.si selaku Kabid perkebunan, saat memberikan sosialisasi di Desa Jadian Baru mengajak pada masyarakat untuk bertani secara moderen, dan jangan jadi petani yang hanya menanam itu itu saja.

“Saat ini kami mengajak petani untuk membuka lahan kosong atau alih fungsi, apabila tanaman yang dulu kurang menghasilkan. Seperti saat ini, kami lagi mengembangkan penanaman jagung,silahkan petani menanam jagung yang bibitnya bisa kami siapkan”, katanya.

Baca Juga  ANTISIPASI BENCANA BANJIR, AIR MULAK AKAN DI NORMALISASI

Karena, kata dia, lahan yang baru di buka sangat cocok untuk ditanami jagung. Apabila jagung sudah panen, baru akan menanam kopi intres.

“Kopi intres adalah kopi unggulan yang sudah melalui penelitian yang cukup lama, hingga menghasilkan biji kopi pilihan dan berbuah lebat, jika tanaman kopi sudah menghasilkan buah. Untuk bibit selanjutnya diambil dari dahan atau distek untuk di pindahkan ke batang kopi yang lainya”, jelas Otong pada petani yang hadir.

Otong berharap pada petani, apabila ada keluhan dalam pertanian silahkan sampaikan pada Dinas Pertanian.

Baca Juga  TIM MONITORING TRIPIKA MULAK ULU MINTA PAPAN INFORMASI DD DIPASANG

“Kami siap melayani dan memberikan solusinya”, katanya.

Perli, sebagai Kepala Desa Jadian Baru juga sebagai ketua kelompok Bina Karya, sangat menyambut baik sosialisasi ini. Hal ini, pun dijelaskanya pada anggota kelompok tani.

“Ya ini adalah informasi yang sangat baik bagi petani, bahwa ada kopi intres atau kopi unggulan yang bisa menghasilkan buah lebih dari kopi normalnya. Kami sangat berterima kasih pada Dinas Pertanian, atas adanya sosialisasi ini. Mudah mudahan dengan adanya sosialisasi ini, akan menambah ilmu dan pengetahuan tentang bertani kopi, karena kita mayoritasnya adalah petani kopi,” tutupnya.

Editor : UJANG, SP

Check Also

Usai Kondangan, Konvoi Kendaraan Rombongan Yulius Maulana Dicegat Warga

Author : NOPI MULAK ULU, LhL – Ada suatu hal yang mengejutkan dalam perjalanan pulang …

SMM Panel

APK

Jasa SEO